Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anak Usaha Grup Sinarmas (DSSA) Lolos Evaluasi Tahap Dua Lelang Panas Bumi Cisolok

Kementerian ESDM memastikan anak usaha DSSA telah lolos pada evaluasi dokumen penawaran tahap kedua lelang Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Cisolok.
Ilustasi. Kementerian ESDM memastikan anak usaha DSSA telah lolos pada evaluasi dokumen penawaran tahap kedua lelang Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Cisolok./Dok. PLN
Ilustasi. Kementerian ESDM memastikan anak usaha DSSA telah lolos pada evaluasi dokumen penawaran tahap kedua lelang Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Cisolok./Dok. PLN

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mengevaluasi dokumen penawaran lelang Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Cisolok, Cisukarame, Jawa Barat yang diajukan PT Daya Anugerah Sejati Utama, anak usaha PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA), dan PT Ormat Geothermal Indonesia.

Kementerian ESDM memastikan kedua perusahaan itu telah lolos pada evaluasi dokumen penawaran tahap kedua sampul 1. Adapun pada evaluasi itu, anak usaha DSSA mengantongi nilai 80,30 dan Ormat Geothermal, perusahaan panas bumi berbasis di Amerika Serikat mendapat skor 81,18.

Adapun paramameter penilainnya mencakupi kajian teknis cadangan panas bumi, rencana dan strategi eksplorasi, rencana dan strategi eksploitasi dan pemanfaatan, rencana investasi, inovasi dan komitmen pencapaian target commercial operation date (COD).

Direktur Jendral Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE), Eniya Listiana Dewi mengatakan pemenang lelang WKP Cisolok itu bakal diumumkan dalam waktu dekat.

“Yang goverment drilling akan diumumkan di acara summit geothermal,” kata Eniya saat dikonfirmasi, dikutip Jumat (23/8/2024).

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan DSSA Susan Chandra enggan berkomentar ihwal kegiatan lelang yang saat ini tengah diikuti anak usaha mereka.

Susan mengatakan perseroan bakal mengumumkan aksi korporasi spesifik lewat keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Mohon maaf, saat ini kami belum dapat memberikan informasi atas pertanyaan yang disampaikan,” kata Susan saat dihubungi.

Di sisi lain, Bisnis belum menerima konfirmasi dari PT Ormat Geothermal Indonesia. Permohonan konfirmasi telah disampaikan ke Direktur Teknik Ormat Technologies Indonesia Remi Harimanda.Seperti diketahui, WKP Cisolok Cisukarame adalah blok panas bumi hasil goverment drilling dengan luasan konsesi mencapai 15.580 hektare (Ha).

Sementara, luas hutan konservasi dari blok panas bumi ini mencapai 4.260 Ha melingkupi kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Kementerian ESDM memperkirakan cadangan mungkin panas bumi dari blok itu mencapai 45 megawatt ekuivalen (MWe). Adapun, rencana kapasitas pengembangan mencapai 40 MWe, dengan perkiraan temperatur reservoir 170 derajat celcius sampai dengan 235 derajat celcius.

_______

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper