Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usai IPO, Global Sukses Digital (DOSS) Listing di BEI Hari Ini

PT Global Sukses Digital Tbk. (DOSS) menjadi perusahaan ke-33 yang tercatat di BEI pada 2024 setelah IPO senilai Rp60,75 miliar.
Ilustrasi gerai DOSS Camera./globalsuksesdigital.com
Ilustrasi gerai DOSS Camera./globalsuksesdigital.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Global Sukses Digital Tbk. (DOSS) dijadwalkan melantai di Bursa Efek Indonesia pada hari ini, Rabu (7/8/2024), setelah merampungkan IPO senilai Rp60,75 miliar. 

Perusahaan pengelola toko DOSS Camera itu menjadi perusahaan ke-33 yang tercatat di BEI pada 2024. Saham perdana DOSS dicatatkan di Papan Pengembangan BEI. DOSS bergerak pada sektor barang konsumen non-primer dengan sub industri barang elektronik konsumen. 

Dalam initial public offering (IPO), harga penawaran saham DOSS dibanderol senilai Rp135 per saham. DOSS melepas 450 juta saham dalam IPO sehingga mendulang dana segar Rp60,75 miliar. 

Adapun, total saham yang dicatatkan DOSS di BEI mencapai 1.725.000.000 saham sehingga kapitalisasi pasarnya adalah senilai Rp232,87 miliar. 

Dilansir dari prospektus, DOSS berencana menggunakan sekitar 27,4% dari dana IPO untuk belanja modal seperti biaya sewa dan renovasi gerai, pengembangan gerai baru, serta ekspansi gerai yang sudah ada di Ratu Plaza Mall dan gerai baru di Banjarmasin, Semarang, Kendari, dan Medan pada 2024–2025. 

Perinciannya, perluasan area gerai di Ratu Plaza Mall hingga 1.500 m2. Pengembangan gerai baru yang akan dibuka di Banjarmasin, Semarang, Kendari, dan Medan adalah untuk satu gerai pada masing-masing kota mencakup biaya sewa dan renovasi gerai.

Sementara itu, sekitar 72,6% akan dialokasikan untuk modal kerja guna mendukung kegiatan operasional utama, termasuk biaya pengadaan, distribusi, persediaan, dan operasional lainnya di gerai yang sudah ada dan baru di berbagai kota tersebut.

DOSS bergerak dalam perdagangan eceran alat fotografi dan perlengkapannya, perdagangan eceran kaki lima dan los pasar alat fotografi, alat optik dan perlengkapannya, perdagangan eceran tas, dompet, koper, dan ransel, perdagangan eceran atas dasar komisi atau kontrak, perdagangan eceran komputer peralatan audio dan video dan lainnya. 

Sebagai gambaran, DOSS mengantongi kenaikan pendapatan dalam 3 tahun terakhir, yakni dari Rp373,5 miliar pada 2021, naik menjadi Rp430,6 miliar pada 2022, dan Rp609,6 miliar pada 2023. Pada tahun lalu, komposisi pendapatan DOSS bersumber dari penjualan kamera 61%, aksesoris 22%, dan lensa 17%. 

DOSS juga telah membukukan laba bersih. Realisasi laba bersih DOSS pada 2021—2023 tercatat berturut-turut sebesar Rp15,4 miliar, Rp17,9 miliar, dan Rp23,7 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper