Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Patrick Walujo Sampaikan Kabar Terbaru soal Saham Seri B GOTO

Direktur Utama GOTO Patrick Walujo menyampaikan kabar terbaru mengenai perpindahan saham multipel voting share (MVS) atau saham Seri B GOTO.
Patrick Walujo/GOTO.
Patrick Walujo/GOTO.

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) Patrick Sugito Walujo menyampaikan kabar terbaru mengenai peralihan saham dengan hak suara multipel atau multiple voting share (MVS) dalam bentuk saham Seri B. 

Berbicara dalam earning calls, Patrick Walujo menuturkan bahwa pada RUPS terakhir GOTO, pemegang saham telah menyetujui penunjukan dirinya sebagai salah satu pemegang saham MVS. Persetujuan dalam RUPS tersebut dibutuhkan agar sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

"Pemegang saham MVS saat ini dan saya telah menyetujui jika saya akan menjadi pemegang saham MVS, sesuai dengan aturan yang berlaku di waktu yang tepat," kata Patrick dalam earning calls, Selasa (30/7/2024). 

Dia melanjutkan, GOTO akan memberikan lebih banyak update sambil membuat progres. Dengan dirinya yang menjadi pemegang saham MVS, Patrick berharap dapat memastikan visi dan misi GOTO sejalan dengan pemegang saham MVS.

"Dengan saya yang menjadi pemegang saham MVS, saya harap hal ini dapat memastikan visi dan misi perusahaan sejalan dengan pemegang saham MVS," tuturnya.

Sebelumnya, GOTO telah mengusulkan Patrick Walujo sebagai pemegang saham Seri B yang baru. Usulan ini telah disetujui pada RUPST GOTO bulan lalu.  

Dalam hal ini, GOTO menyampaikan tidak akan menerbitkan saham Seri B baru. Dengan demikian, tidak ada dilusi dari kepemilikan pemegang saham existing.  

Perpindahan kepemilikan saham dengan hak suara multipel (SDHSM) atau saham Seri B sehubungan dengan hal tersebut, hanya dapat dilakukan pada pihak yang telah disetujui sebagai pemegang saham dengan hak suara multipel.

PT Saham Anak Bangsa (SAB) menjadi pemilik terbesar saham Seri B di GOTO serta menjadi pemegang saham dengan hak suara tertinggi. Saham Anak Bangsa tercatat menggenggam sebanyak 26,88 miliar saham atau 2,24% dari total saham yang ada di GOTO. Saham Anak Bangsa memiliki 30,4% hak suara pada GOTO. 

Adapun, setelah Saham Anak Bangsa, pemilik hak suara terbesar selanjutnya di GOTO adalah mantan CEO Tokopedia William Tanuwijaya. William memiliki sebanyak 12,58 miliar saham Seri B, atau setara 1,05% kepemilikan. Kepemilikan saham Seri B tersebut membuat William memiliki hak suara sebesar 14,23% di GOTO. 

Setelah William, nama selanjutnya yang menjadi pemilik saham Seri B di GOTO adalah Andre Soelistyo. Mantan CEO dan Komisaris GOTO ini memiliki sebanyak 6,73 miliar saham Seri B GOTO atau setara 0,56% kepemilikan. Dengan kepemilikan tersebut, Andre memiliki 7,61% hak suara di GOTO per akhir Juni 2024. 

Sementara itu, mantan Direktur dan Komisaris GOTO Kevin Aluwi memiliki sebanyak 3,27 miliar saham Seri B GOTO. Jumlah tersebut setara dengan 0,27% kepemilikan di GOTO. Adapun, Kevin Aluwi memiliki 3,7% hak suara di GOTO. 

Selain ketiga orang dan satu perusahaan tersebut, nama lain yang juga memiliki saham Seri B GOTO adalah Melissa Siska Juminto. Melissa memiliki 1,087 miliar saham Seri B GOTO.

Kepemilikan saham Seri B Melissa merupakan yang terkecil di antara pendiri GOTO. Melissa tercatat memiliki hak suara 1,23% di GOTO.

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper