Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aset Hermanto Tanoko, Pabrik Cat Avian (AVIA) di Sidoarjo Terbakar

PT Avia Avian Tbk. (AVIA) milik konglomerat Hermanto Tanoko melaporkan terjadinya insiden kebakaran di pabrik cat Avian Brands.
PT Avia Avian Tbk. (AVIA) mengalami insiden kebakaran di pabrik Sidoarjo./Bisnis
PT Avia Avian Tbk. (AVIA) mengalami insiden kebakaran di pabrik Sidoarjo./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — PT Avia Avian Tbk. (AVIA) emiten yang terafiliasi dengan crazy rich Hermanto Tanoko melaporkan insiden kebakaran pada salah satu pabrik cat milik perseroan. 

Sekretaris Perusahaan Avia Avian Hera Septi Astuti menyampaikan Avia Brands mengalami musibah kebakaran yang melanda salah satu gudang bahan baku solvent pada Kamis (25/7/2024). 

Insiden tersebut terjadi di pabrik Avian Brands yang berlokasi di Jl. Raya Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur. 

“Beruntung, pada saat kejadian, tidak ada aktivitas di lokasi dan tidak ada korban jiwa,” paparnya dalam keterbukaan informasi Jumat (26/7/2024). 

Hera menjelaskan setiap pabrik AVIA dilengkapi dengan sistem alarm kebakaran, serta detektor asap dan panas sehingga kebakaran segera terdeteksi. 

Dalam waktu 10 menit setelah kebakaran terjadi, AVIA mampu bertindak cepat menggunakan hidran untuk memadamkan api. Dengan bantuan pemadam kebakaran lokal, lanjutnya, api berhasil dipadamkan pada pukul 01:45 WIB.

Menurutnya, kebakaran hanya terjadi di gedung penyimpanan bahan baku solvent tersebut. Dengan demikian, tidak memberikan gangguan terhadap kegiatan produksi lainnya. 

“Penyebab kebakaran saat ini masih dalam proses penyelidikan,” imbuh Hera. 

Saat ini, Hera menambahkan semua aktivitas produksi dan pengiriman AVIA berlangsung normal dan tidak mengalami gangguan akibat peristiwa kebakaran tersebut.

Sebelumnya, Head of Investor Relations AVIA Andreas Timothy menyampaikan dua paten baru berskala global untuk Cat Magnetit yang teraplikasi pada produk HomeDeco Magnetic dan bahan aditif untuk mempercepat pengerasan dan penguatan Beton yang disempurnakan, yang teraplikasi pada produk No Drop Plaston.

“Untuk mempertahankan posisi AVIA sebagai pemimpin pasar, tim RDI yang didukung oleh lebih dari 80 ahli kimia berkualitas selalu mengambil pendekatan yang proaktif dengan mengantisipasi dan merespons kebutuhan konsumen yang terus berubah serta mengembangkan produk-produk inovatif yang selaras dengan tren pasar,” papar Andreas Timothy dalam siaran pers, Selasa (25/6/2024).

Sebagai informasi, sepanjang periode kuartal pertama tahun ini, AVIA telah meluncurkan sebanyak 5 produk baru pada berbagai kategori solusi arsitektur, termasuk cat kayu dan besi, cat pelapis anti bocor, dan perawatan kayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper