Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Cum Date Dividen 15 Emiten Hari ini (24/6), Ada EMTK, MYOR hingga PWON

15 emiten menjadwalkan cum dividen tahun buku 2023 pada hari ini, Senin (24/6/2024). Emiten-emiten tersebut termasuk EMTK, MYOR, MLBI hingga PWON.
15 emiten menjadwalkan cum dividen tahun buku 2023 pada hari ini, Senin (24/6/2024). Emiten-emiten tersebut termasuk EMTK, MYOR, MLBI hingga PWON. Bisnis/Arief Hermawan P
15 emiten menjadwalkan cum dividen tahun buku 2023 pada hari ini, Senin (24/6/2024). Emiten-emiten tersebut termasuk EMTK, MYOR, MLBI hingga PWON. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak 15 emiten menjadwalkan cum dividen tahun buku 2023 pada hari ini, Senin (24/6/2024). Emiten-emiten tersebut termasuk saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK), PT Mayora Indah Tbk. (MYOR) hingga PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON). 

Jadwal cum date atau cumulative date yaitu batas atau tanggal yang menentukan investor yang berhak atas dividen emiten. Artinya, jika investor melakukan pembelian setelah jadwal cum date maka investor tidak memiliki hak untuk mendapatkan dividen.

Sejumlah emiten yang menjadwalkan cum date pada 24 Juni 2023, di antaranya PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) dengan dividen tunai sebesar Rp245,26 miliar atau setara Rp4 per lembar saham. 

Titi Maria Rusli, Direktur dan Corporate Secretary EMTK, menyebutkan RUPS menyetujui pembagian dividen Rp4 per saham. Total saham beredar EMTK ialah 61,31 miliar saham sehingga total dividen yang diberikan mencapai Rp245,26 miliar.

"Berdasarkan keputusan Mata Acara Kedua Rapat, Perseroan telah menyetujui pembagian Dividen Tunai sebesar Rp4,-/saham," paparnya dalam keterangan tertulis, Kamis (13/6/2024).

Kemudian emiten lain yang juga jatuh cum dividen hari ini adalah PT Mayora Indah Tbk. (MYOR) dan PT Pakuwon Jati Tbk (PWON).

MYOR menetapkan pembagian dividen final sebesar Rp1,23 triliun atau setara Rp55 per saham. Keputusan ini diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).   

Investor Relation MYOR Baskoro Santoso mengatakan perseroan telah menetapkan pembagian dividen final sebesar Rp1,23 triliun atau setara Rp55 per saham. Keputusan ini diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Baskoro menambahkan bahwa sepanjang tahun lalu, perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp3,24 triliun. Dengan demikian, dividend payout ratio MYOR mencapai 37,9% dari total laba. 

“Atas pencapaian tersebut, pemegang saham perseroan telah menyetujui usulan direksi untuk membagikan dividen tunai sebesar Rp55 per saham yang akan mulai dibagikan pada 11 Juli 2024,” ujarnya dalam paparan publik, Rabu (12/6/2024).

Sementara, PWON bakal membagikan dividen tunai tahun buku 2023 sebesar Rp433 miliar atau sebesar Rp9 per saham.

Rencana pembagian dividen tersebut telah mengantongi restu pemegang saham melalui Rapat Umum pemegang Saham (RUPS) yang digelar pada Rabu (12/6/2024).

Direktur Keuangan PWON Minarto menjelaskan bahwa keputusan pembagian dividen itu menggambarkan komitmen berkelanjutan perseroan kepada para pemegang saham.

"RUPS telah menyetujui pembagian dividen tunai dari tahun buku 2023 sebesar Rp433 miliar, setara dengan 21% dari Rp2,1 triliun laba bersih yang dapat diatribusikan kepada entitas induk," tuturnya dalam konferensi pers, Rabu (12/6/2024).

Selanjutnya yang juga menjadwalkan cum dividen hari ini antara lain, Budi Stach & Sweetener Tbk. (BUDI), PT Ever Shine Tex Tbk. (ESTI), PT Gunawan Dianjaya Steel Tbk.(GDST), PT Indospring Tbk. (INDS), PT Jasa Armada Indonesia Tbk. (IPCM) dan PT Kokoh Exa Nusantara Tbk. (KOCI).

Berikutnya ada PT Metropolitan Landa Tbk. (MTLA), PT Multi Bintang Indonesia Tbk. (MLBI), PT Sinar Eka Selaras Tbk. (ERAL) hingga PT Surca Citra Media Tbk. (SCMA)

Berikut Jadwal Cum Dividen 24 Juni 2024:

  1. PT Budi Stach & Sweetener Tbk. (BUDI) Rp4 per saham
  2. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) Rp4 per saham
  3. PT Ever Shine Tex Tbk. (ESTI) Rp1 per saham
  4. PT Gunawan Dianjaya Steel Tbk.(GDST) Rp6 per saham
  5. PT Indospring Tbk. (INDS) Rp100 per saham
  6. PT Jasa Armada Indonesia Tbk. (IPCM) Rp18,61 per saham
  7. PT Kokoh Exa Nusantara Tbk. (KOCI) Rp3 per saham
  8. PT Mayora Indah Tbk. (MYOR) Rp55 per saham
  9. PT Metropolitan Landa Tbk. (MTLA) Rp10,91 per saham
  10. PT Multi Bintang Indonesia Tbk. (MLBI) Rp396 per saham
  11. PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) Rp9 per saham
  12. PT Sinar Eka Selaras Tbk. (ERAL) Rp10 per saham
  13. PT Sunindo Pratama Tbk. (SUNI) Rp4,4 per saham
  14. PT Surca Citra Media Tbk. (SCMA) Rp5 per saham
  15. PT Tunas Baru Lampung Tbk. (TBLA) Rp40 per saham

__________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ibad Durrohman
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper