Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prajogo Pangestu (CUAN) Resmi Jadi Pengendali Baru Petrosea (PTRO)

Emiten Prajogo Pangestu PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) merampungkan pembelian 7,5% saham PT Petrosea Tbk. (PTRO).
prajogo pangestu/baritopacific
prajogo pangestu/baritopacific

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten Prajogo Pangestu PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) merampungkan pembelian 7,5% saham PT Petrosea Tbk. (PTRO). 

Sekretaris Perusahaan Petrindo Jaya Kreasi Robertus Maylando mengatakan entitas CUAN, PT Kreasi Jasa Persada (KJP) telah menyelesaikan pembelian saham PTRO sebesar 7,5% atau setara 75.836.700 saham. 

“KJP telah menyelesaikan pembelian saham PTRO dari PT Caraka Reksa Optima,” tulis Robertus, dikutip Senin (10/6/2024).

Robertus mengklaim pembelian ini sejalan dengan rencana pengembangan usaha CUAN, yang secara umum bertujuan untuk menambah aset Perseroan, sehingga dapat memberikan nilai lebih kepada para pemangku kepentingan Perseroan di masa mendatang.

Setelah transaksi, maka KJP saat ini menggenggam saham PTRO sebesar 41,5%. Sebelumnya KJP yang merupakan pengendali baru PTRO menggenggam hanya 34% dari proses akuisisi. 

Pada April lalu, KJP berencana melakukan penawaran tender wajib sebanyak-banyaknya 106.55.643 saham yang dimiliki oleh pemegang saham yang ditawarkan atau setara dengan sebanyak banyaknya 10,56% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor PTRO. Tender wajib ini memiliki harga Rp3.543 per saham.

Adapun jadwal tender wajib adalah 30 April sampai 29 Mei 2024 sebagai periode penawaran dengan tanggal penyelesaian pada 5 Juni mendatang.  

Setelah transaksi tender offer selesai dengan asumsi seluruh pemegang saham yang ditawarkan melaksanakan haknya maka kepemilikan PTRO yaitu PT Kreasi Jaya Persada sebanyak 44,56%, PT Caraka Reksa Optima sebesar 34,90%, PT sentosa Bersama Mitra sebesar 18,85% dan saham treasury sebesar 1,69%. 

--------------

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper