Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JSMR dan SMGR RUPS Awal Mei, Bahas Dividen hingga Rombak Direksi

Jasa Marga (JSMR) dan Semen Indonesia (SMGR) akan menggelar RUPS Tahunan pada awal Mei 2024. Berikut sederet agenda yang bakal dibahas.
Ilustrasi dividen jumbo. Dok Freepik
Ilustrasi dividen jumbo. Dok Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Dua emiten BUMN, yakni PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) atau SIG dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada awal Mei 2024. 

Menyitir keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (26/4/2024), SIG akan menggelar RUPST pada 3 Mei 2024 di Financial Hall Gedung CIMB Niaga Jakarta, mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai. 

Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia Vita Mahreyni mengatakan rapat akan membahas tujuh mata acara, yakni persetujuan laporan tahunan, penetapan gaji atau honorarium, perubahan anggaran dasar perseroan, dan penetapan kantor akuntan publik.

Selanjutnya adalah pelaporan realisasi penggunaan dana penambahan modal dengan hak memberikan efek terlebih dahulu (PMHMETD), penetapan penggunaan laba bersih tahun buku 2023, serta perubahan susunan pengurus perseroan. 

Terkait penggunaan laba bersih, SMGR dalam lima tahun terakhir tidak pernah absen membagikan dividen. Tahun lalu, misalnya, perseroan menetapkan dividend per share (DPS) Rp245,19 atau mencapai Rp1,65 triliun setara 70% dari laba bersih 2022

Adapun pada tahun buku 2021, RUPST menetapkan pembagian dividen tunai senilai Rp1,02 triliun atau setara dengan Rp172,64 per saham. Sementara itu, pada 2020, perseroan menetapkan DPS sebesar Rp188,3 per saham.

Dalam RUPS mendatang, SIG disebut akan mengusulkan rasio pembayaran dividen di rentang 25% hingga 30% atau mengindikasikan dividen sekitar Rp80,4 – Rp96,4 per saham. Informasi terungkap dalam pertemuan manajemen dengan analis.

Di sisi lain, terkait perubahan susunan pengurus, SIG terakhir kali merombak jajarannya pada RUPS tahun lalu. Kala itu, pemegang saham memberhentikan dengan hormat dua komisaris independen, serta dua jajaran direksi. 

RUPS JASA MARGA

Sementara itu, Jasa Marga akan menggelar RUPS pada 8 Mei 2024 secara elektronik mulai pukul 13.30 WIB. Total ada lima mata acara yang akan dibahas dalam rapat tersebut. 

Rapat akan membahas persetujuan laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan konsolidasian, penetapan penggunaan laba bersih 2023, penunjukan kantor akuntan publik, penetapan gaji/honorarium, dan perubahan susunan pengurus. 

Pada tahun ini, Jasa Marga berkomitmen membagikan dividen dari tahun buku 2023 kepada para pemegang saham dengan kebijakan dividend payout ratio di rentang 15%-30%

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Jasa Marga Pramitha Wulandari menegaskan bahwa perseroan berkomitmen menjaga kesinambungan pembagian dividen, terutama besaran dividen yang diatribusikan kepada pemegang saham. 

“Kami punya kebijakan dividend payout ratio 15%-30% dan penentuan dividen merupakan kewenangan pemerintah melalui Kementerian BUMN dan disesuaikan dengan kemampuan perseroan,” ujarnya dalam Public Expose Live 2023. 

Pramitha menjelaskan perseroan sempat tidak membagikan dividen saat pandemi Covid-19 melanda. Kemudian, manajemen memutuskan untuk membagikan dividen sebesar 20% dari laba bersih 2022 yang berjumlah Rp2,75 triliun. 

Berdasarkan catatan Bisnis, rasio pembayaran dividen pada tahun lalu mencerminkan nilai sebesar Rp549,38 miliar atau setara dengan Rp75,69 per saham. 

------------------

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper