Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prodia (PRDA) Bagi Dividen Rp155,6 Miliar meski Laba Turun

Prodia (PRDA) konsisten bagi dividen dengan rasio 60% meski laba 2023 turun.
Jajaran direksi PT Prodia Widyahusada Tbk. (PRDA) saat RUPS pada Kamis (18/4/2024). PRDA konsisten membagikan dividen dengan rasio 60% meski laba 2023 turun. /Bisnis-Rizqi Rajendra.
Jajaran direksi PT Prodia Widyahusada Tbk. (PRDA) saat RUPS pada Kamis (18/4/2024). PRDA konsisten membagikan dividen dengan rasio 60% meski laba 2023 turun. /Bisnis-Rizqi Rajendra.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten laboratorium kesehatan, PT Prodia Widyahusada Tbk. (PRDA) mengumumkan akan membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya dengan rasio 60% dari laba bersih. Hal itu berdasarkan keputusan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (18/4/2024).

Direktur Keuangan Prodia Liana Kuswandi mengatakan perseroan konsisten untuk membagikan dividen dengan rasio 60% dari laba bersih, meskipun pada tahun buku 2023 laba perseroan mengalami penurunan.

"Kami melihat pembagian dari dividend payout ratio itu dimungkinkan, karena juga secara saldo kas kami bisa memberikannya pada para pemegang saham, dan ini tidak mengganggu operasional perusahaan," jelas Liana dalam paparan publik pada Kamis (18/4/2024).

Menilik laporan keuangan 2023, laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk PRDA turun 30,07% secara year-on-year (YoY) menjadi Rp259,87 miliar, dibandingkan periode sama 2022 sebesar Rp371,64 miliar.

Sementara itu, pendapatan PRDA naik 1,87% menjadi Rp2,2 triliun pada 2023, dibandingkan periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp2,18 triliun.

"Atas pencapaian ini, Prodia akan melanjutkan riwayat rasio pembagian dividen yang sama dengan periode sebelumnya, yaitu sebesar Rp155,6 miliar atau 60% dari laba bersih," katanya.

Jika menghitung jumlah saham yang beredar sebanyak 937,5 juta saham, maka dividen per saham yang akan diterima oleh pemegang sahamnya sebesar Rp165,97 per lembar saham.

Harga saham PRDA pada sesi I perdagangan Kamis (18/4/2024) berada di level Rp3.680 per saham. Mengacu harga tersebut, maka dividend yield PRDA mencapai 4,51%.

"Periode pembagian dividen kemungkinan akan dibagikan dalam kurun waktu satu bulan dari sekarang, untuk jadwal pastinya akan diumumkan kemudian," pungkas Liana.

Adapun, sepanjang 2023, jumlah kunjungan Prodia mencapai angka lebih dari 2,83 juta, dengan jumlah volume penjualan yang lebih dari 20,5 juta. Selain itu, pada tahun lalu Prodia telah mengembangkan 18 tes baru dari Next-Generation Lab mulai dari tes diagnosis, terapi target, farmakogenomik, serta preventif dan prediktif. 

Capaian kinerja perseroan pada 2023 juga didukung oleh ragam inovasi pengembangan tes laboratorium, peluncuran aplikasi U by Prodia oleh anak usaha perseroan, serta upaya ekspansi Prodia dengan terus melakukan penetrasi pasar dengan penambahan jejaring outletnya.

Untuk mendorong pertumbuhan pendapatan pada 2024, Prodia akan mengimplementasikan strategi bisnis dengan mendorong pendekatan kepada pelanggan, baik kepada konsumen maupun antar perusahaan. PRDA juga akan mengoptimalkan layanan Prodia Anywhere Services, ekspansi layanan klinik dan outlet, serta meningkatkan kontribusi transaksi digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper