Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sam Bankman Dijatuhi Hukuman 25 Tahun, Tipu Pengguna Kripto US$11 Miliar

Bos FTX Sam Bankman-Fried secara resmi dijatuhi hukuman 25 tahun penjar. Terbukti melakukan penipuan dengan total kerugian US$11 miliar.
Sam Bankman-Fried, salah satu pendiri FTX Cryptocurrency Derivatives Exchange, tiba di pengadilan di New York, AS, Kamis (30/3/2023). /Bloomberg-Angus Mordant
Sam Bankman-Fried, salah satu pendiri FTX Cryptocurrency Derivatives Exchange, tiba di pengadilan di New York, AS, Kamis (30/3/2023). /Bloomberg-Angus Mordant

SAYA MINTA MAAF UNTUK ITU

Saat berbicara kepada hakim, Bankman-Fried mengatakan menyampaikan permintaan maafnya. 

 "Nasabah telah menderita... Saya sama sekali tidak bermaksud untuk meminimalkannya. Saya juga berpikir bahwa itu adalah sesuatu yang hilang dari apa yang saya katakan selama proses ini, dan saya minta maaf untuk itu,” tuturnya. 

Pendiri FTX tersebut juga menyampaikan rasa sesalnya kepada tiga rekannya yang sudah mengaku bersalah atas penipuan bahwa Bankman-Fried telah mengarahkan mereka untuk menggunakan dana nasabah FTX untuk menutup kerugian di Alameda Research. 

Kaplan mengatakan bahwa Bankman-Fried berbohong ketika bersaksi bahwa dia tidak tahu Alameda Research telah menghabiskan deposito nasabah yang diambil dari FTX.

Mukasey berusaha menjauhkan Bankman-Fried dari penipu terkenal seperti Bernie Madoff, dengan mengatakan bahwa dia bukan pembunuh berantai keuangan yang kejam, melainkan kutu buku matematika yang canggung yang mencoba mengembalikan uang nasabah setelah keruntuhan FTX.

"Sam Bankman-Fried tidak membuat keputusan dengan kebencian di dalam hatinya. Dia membuat keputusan dengan matematika di kepalanya,” ujar Mukasey. 

Orang tuanya, profesor hukum Universitas Stanford, Joseph Bankman dan Barbara Fried, menghadiri sidang vonis tersebut. Bankman memegang payung hijau saat mereka keluar dari gedung pengadilan di tengah hujan di sore hari di New York, dengan tangan saling berpelukan.

"Kami patah hati dan akan terus berjuang untuk putra kami," kata mereka dalam sebuah pernyataan.

 'KEKUATAN DAN PENGARUH'

Sebagai lulusan Massachusetts Institute of Technology, Bankman-Fried menikmati booming nilai bitcoin dan aset digital lainnya hingga mencapai kekayaan bersih sebesar US$26 miliar di usianya yang belum menginjak 30 tahun. 

Bankman-Fried dikenal dengan rambut keritingnya yang tidak terawat dan komitmennya pada gerakan yang disebut altruisme efektif, yang mendorong anak muda berbakat untuk fokus mencari uang dan menyumbangkannya untuk tujuan-tujuan mulia.

Dia adalah salah satu kontributor terbesar bagi kandidat dan gerakan Partai Demokrat sebelum pemilu paruh waktu AS 2022. Kaplan menunjukkan bukti persidangan yang menunjukkan bahwa Bankman-Fried juga menyumbang ke Partai Republik melalui donor "jerami" untuk menyembunyikan keterlibatannya.

Hakim menyebut upaya Bankman-Fried untuk menampilkan dirinya sebagai "orang baik" sebagai sebuah tindakan yang bertujuan pada kekuasaan dan pengaruh politik. 

Bankman-Fried nyatanya telah ditahan di Pusat Penahanan Metropolitan di Brooklyn sejak Agustus 2023. Kala itu Kaplan mencabut jaminannya setelah mendapati bahwa ia kemungkinan besar telah merusak saksi setidaknya dua kali. 

Rencananya, Bankman-Fried akan tinggal di penjara yang dekat dengan San Francisco untuk 25 tahun ke depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper