Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Humpuss Intermoda (HITS) Jual Kapal Tambat KM Raja Pandita

PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk. (HITS) menjual satu kapal tambat KM Raja Pandita senilai Rp160 juta.
Artha Adventy,Ibad Durrohman
Artha Adventy & Ibad Durrohman - Bisnis.com
Jumat, 26 Januari 2024 | 10:13
Emiten pelayaran PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI) melaporkan raihan laba pada 2023 mencapai US$14,70 juta atau sekitar Rp226,95 miliar.
Emiten pelayaran PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI) melaporkan raihan laba pada 2023 mencapai US$14,70 juta atau sekitar Rp226,95 miliar.

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten jasa kemaritiman terintegrasi PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk. (HITS) menjual satu kapal tambat KM Raja Pandita senilai Rp160 juta.

Direktur Utama HITS N. Henu Kusdaryono mengatakan penjualan kapal tersebut dilakukan oleh entitas anak usaha perseroan, yakni PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK). Transaksi ini berlangsung pada 23 Januari 2024.

“Nilai pelepasan atas satu unit kapal tambat KM Raja Pandita adalah sebesar Rp160 juta,” ujar Henu dalam keterbukaan informasi dikutip pada Jumat (26/1/2024).

Dia menyebutkan bahwa pembeli kapal tambat KM Raja Pandita adalah Rakhmat Mulyana, warga negara Indonesia dan bukan merupakan afiliasi dari perseroan.

Oleh karena itu, Tirta menyatakan penjualan kapal ini tidak termasuk dalam transaksi afiliasi sebagaimana didefinisikan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 42/POJK.04/2020 tentang Transaksi Afiliasi dan Benturan Kepentingan.

“Tidak ada dampak langsung terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, ataupun kelangsungan usaha perseroan. Penjualan kapal ini dilakukan sebagai upaya perseroan untuk meningkatkan efisiensi operasional,” tutur Henu.

Sebelumnya, emiten yang terafiliasi Tommy Soeharto tersebut, telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan PT Pelindo Jasa Maritim untuk mengelola bisnis jasa kepelabuhanan.

Manajemen HITS mengatakan kolaborasi yang akan dikembangkan adalah pengembangan program kemitraan di bidang pelayanan jasa kepelabuhanan, jasa pendukung kepelabuhanan, dan jasa maritim lainnya di lingkingan PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

“Kami akan membentuk Tim Bersama yang akan melakukan kajian rencana kerja sama secara mendalam. Di samping itu, kami juga akan menjajaki potensi kerja sama lain yang sejalan dengan keahlian masing-masing,” kata manajemen HITS dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (24/8/2023).

Tim Bersama tersebut akan fokus pada evaluasi pelayanan jasa kapal, peralatan, dan pengerukan pelabuhan di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Sementara itu, untuk pelaksanaan operasional rencana kerja tersebut akan diserahkan kepada anak usaha HITS sesuai dengan segmen bisnis masing-masing.

Pelaksanaan operasional yang dimaksud di antaranya, jasa sewa kapal termasuk kapal penunjang lepas pantau, penunjang armada laut yaitu kapal tunda dan pandu, pelatihan awak kapal dan sertifikasi serta dregging/kapal keruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper