Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Saham Potensi Cuan Awal Pekan

Analis memberikan sejumlah rekomendasi saham potensi cuan pada perdagangan hari ini, Senin (22/1/2024).
Annisa Kurniasari Saumi, Hafiyyan
Senin, 22 Januari 2024 | 05:59
Analis memberikan sejumlah rekomendasi saham potensi cuan pada perdagangan hari ini, Senin (22/1/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Analis memberikan sejumlah rekomendasi saham potensi cuan pada perdagangan hari ini, Senin (22/1/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan bisa menguat pada awal pekan, Senin (22/1/2024), dengan sejumah rekomendasi saham analis.

Tim analis MNC Sekuritas menyebutkan IHSG terkoreksi 0,35% pada Jumat (19/1/2024) ke 7.272 disertai volume penjualan, kembali IHSG belum mampu menembus MA20. Cermati support terdekat di 7.152, apabila IHSG menembus support tersebut diperkirakan pergerakan IHSG saat ini sedang membentuk wave c dari wave (ii) sehingga IHSG akan rawan melanjutkan koreksinya menguji ke 7.021-7.111.

"Namun, bila IHSG masih mampu bertahan di atas area tersebut, maka terdapat kemungkinan IHSG akan menguji kembali 7.278-7.307 untuk membentuk wave b dari wave (ii)," papar MNC Sekuritas.

Hari ini level support IHSG 7.152, 7.045, dan resistan 7.323, 7.403. MNC Sekuritas merekomendasikan saham ADMR, BSDE, ITMG, PGAS.

Dalam riset berbeda, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan IHSG sedang berusaha untuk keluar dari rentang konsolidasinya. Dia memperkirakan IHSG akan bergerak di rentang 7.123-7.272 pada perdagangan awal pekan.

"Di sisi lain, gelombang tekanan terlihat sudah cukup terbatas, namun masih ada peluang koreksi wajar yang tetap perlu diwaspadai investor," kata William dalam risetnya, Minggu (21/1/2024).

Dia melanjutkan, pergerakan IHSG saat ini masih ditopang oleh capital inflow yang telah tercatat secara year to date (ytd) atau sejak awal tahun mengalir masuk ke dalam pasar modal Indonesia. Sebagai informasi, asing masih tercatat melakukan net buy sebesar Rp6,31 triliun sejak awal tahun ini.

Akan tetapi, lanjutnya, fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas masih akan turut membayangi pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

Rekomendasi Saham Potensi Cuan Awal Pekan

Yugen Bertumbuh Sekuritas melihat beberapa saham dapat dijadikan top picks pada perdagangan hari ini. Saham-saham tersebut adalah ICBP, BBRI, JSMR, INDF, AALI, SMRA, dan AKRA.

Sebagai informasi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepekan kemarin mengalami penurunan sebesar 0,19%. IHSG ditutup berada pada posisi 7.227,402 dari 7.241,138 pada penutupan pekan sebelumnya.

Sementara itu, Tim Riset Phintraco Sekuritas mengatakan IHSG kembali menguji support-nya pada perdagangan akhir pekan, Jumat (19/1/2024). Phintraco mencermati bahwa secara teknikal, stochastic RSI cenderung bergerak naik dari oversold area bersamaan dengan pembentukan lower shadow panjang. 

Volume transaksi cenderung turun mengindikasikan tekanan jual mereda. Phintraco Sekuritas memperkirakan support IHSG akan berada pada 7.200, dengan resistance di level 7.300.

"Dengan demikian, IHSG diperkirakan lanjutkan konsolidasi di atas support 7.200 di Senin," tulis Phintraco Sekuritas, dikutip pada Minggu (21/1/2024) petang.

Sementara itu, sentimen regional cenderung negatif, yaitu penurunan China Foreign Direct Investment (FDI) sebesar 8% year on year (YoY) pada Desember 2023. Kondisi ini memperkuat indikasi bahwa pemulihan aktivitas ekonomi di China masih berjalan lambat di 2023.

"Dari dalam negeri, pelaku pasar mengantisipasi rilis kinerja keuangan kuartal IV/2023 dari emiten di Indonesia," tuis Phintraco Sekuritas. 

Beberapa laporan keuangan dari bank-bank besar dijadwalkan rilis pada pekan ini di antaranya BBCA, BBNI, BBRI, dan BRIS.

Rekomendasi Saham Potensi Cuan Awal Pekan

Adapun Phintraco Sekuritas memilih beberapa saham sebagai top picks pada awal pekan besok. Saham-saham tersebut meliputi sejumlah saham bank, yakni BBRI, BMRI, BBNI, dan BRIS

Selain itu, Phintraco Sekuritas juga merekomendasikan untuk trading buy pada EXCL, BBTN, dan PGAS, serta speculative buy pada MIKA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper