Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPO MPStore (MPIX) Pasang Harga Rp256-Rp268 per Saham, Cek Jadwalnya

PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk. (MPIX) atau MPStore bersiap menggelar penawaran umum perdana saham atau IPO.
PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk. (MPIX) atau MPStore bersiap menggelar penawaran umum perdana saham atau IPO. Bisnis/Himawan L Nugraha
PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk. (MPIX) atau MPStore bersiap menggelar penawaran umum perdana saham atau IPO. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk. (MPIX) atau MPStore bersiap menggelar penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) dengan harga penawaran Rp256 hingga Rp268 per saham. 

Adapun, MPIX akan melepas sebanyak-banyaknya 312,5 juta saham dengan nominal Rp20 per saham atau mewakili 20% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor perseroan setelah IPO. 

Alhasil, dengan harga penawaran berkisar Rp256 hingga Rp268 per saham, maka MPIX berpeluang meraih dana segar maksimal Rp83,75 miliar, dan sekurang-kurangnya Rp80 miliar. 

Dalam aksi korporasi ini, perseroan menunjuk PT RHB Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Berdasarkan prospektus IPO, dana hasil IPO MPIX sekitar 89% akan digunakan untuk pembiayaan modal kerja, termasuk pembelian persediaan produk digital, gaji karyawan, biaya pemasaran, dan sewa server.

Selanjutnya, sekitar 11% dana IPO akan digunakan untuk akan digunakan untuk belanja modal atau capital expenditure (capex) berupa renovasi dan sewa hub dalam rangka menunjang rencana jangka panjang perseroan.

Sebagai pemanis IPO, MPIX juga akan menerbitkan 156,25 juta waran seri I dan diberikan secara cuma-cuma. Setiap pemegang 2 saham baru berhak memperoleh 1 waran seri I perseroan.

Adapun, setiap waran memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru dengan harga pelaksanaan Rp850. Alhasil, total pelaksanaan waran seri I MPIX sebesar Rp132,81 miliar.

Dana yang diperoleh dari waran seri I sekitar 44% akan digunakan untuk pembiayaan modal kerja berupa pembelian persediaan. Sisanya digunakan untuk capex guna ekspansi bisnis, termasuk pembelian tanah, pembangunan kantor pusat, pengadaan perangkat komputer dan furnitur, serta kendaraan operasional.

Kinerja MPIX

Menilik kinerja keuangannya, MPIX membukukan penjualan sebesar Rp485,72 miliar per 31 Juli 2023, atau naik 41,38% year-on-year (yoy) dibandingkan periode sama 2022 sebesar Rp343,53 miliar.

Sementara itu, laba bersih MPIX per Juli 2023 tercatat sebesar Rp12,06 miliar atau naik 52,07% yoy dibanding periode sama tahun 2022 sebesar Rp7,93 miliar.

Sebagai informasi, PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk. (MPIX) didirikan pada 2019 di Kota Bangkalan, Madura. Perseroan adalah penyedia solusi dalam pembayaran dan transaksi digital sehari-hari yang membantu para pelaku UMKM dalam mendigitalisasi usaha tradisional dengan pemberian akses lebih cepat melalui platform MPStore SuperApp UMKM. 

Jadwal IPO MPIX

  • Masa Penawaran Awal: 17 - 24 Januari 2024
  • Perkiraan Tanggal Efektif: 30 Januari 2024
  • Perkiraan Masa Penawaran Umum: 31 Januari - 2 Februari 2024
  • Perkiraan Tanggal Penjatahan: 2 Februari 2024
  • Perkiraan Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan: 2 Februari 2024
  • Perkiraan Tanggal Distribusi Saham dan Waran Seri I: 5 Februari 2024
  • Perkiraan Tanggal Pencatatan Saham dan Waran Seri I di BEI: 6 Februari 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper