Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adhi Commuter Properti (ADCP) Obligasi Rp499,9 Miliar, Cek Kuponnya

PT Adhi Commuter Properti Tbk. (ADCP) berencana menerbitkan Obligasi III Adhi Commuter Properti tahun 2023 dengan jumlah pokok Rp499,9 miliar.
LRT City Jatibening, salah satu proyek PT Adhi Commuter Properti Tbk.
LRT City Jatibening, salah satu proyek PT Adhi Commuter Properti Tbk.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Adhi Commuter Properti Tbk. (ADCP) berencana menerbitkan Obligasi III Adhi Commuter Properti tahun 2023 dengan jumlah pokok Rp499,9 miliar. Obligasi terdiri dari 2 seri dengan kupon 7,8% dan 8,25%.

Dalam prospektusnya di Harian Bisnis Indonesia edisi Jumat (1/12/2023), ADCP menyatakan bahwa obligasi tersebut diterbitkan tanpa warkat kecuali sertifikat jumbo obligasi yang dirilis untuk didaftarkan atas nama Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sebagai bukti utang kepada pemegang obligasi.  

“Seluruh nilai pokok obligasi yang akan dikeluarkan berjumlah sebanyak-banyaknya sebesar Rp499.900.000.000 dalam dua seri yang dijamin secara kesanggupan penuh [full commitment],” tulis manajemen ADCP.

Credit Guarantee & Investment Facility (CGIF) menjadi lembaga dana perwalian (trust fund) dari Asian Development Bank (ADB). 

Obligasi ADCP akan dirilis dalam dua seri, yakni Seri A memiliki jangka waktu 3 tahun, jumlah pokok Rp15,7 miliar, dan tingkat bunga tetap besar 7,80%. Seri B berjangka waktu 5 tahun sejak tanggal emisi dengan nilai pokok Rp484,2 miliar dan tingkat bunga 8,25%. 

Perseroan menyampaikan bahwa pembayaran bunga obligasi pertama akan dilakukan pada 8 Maret 2024, sedangkan pembayaran bunga obligasi terakhir sekaligus jatuh tempo masing-masing pada 8 Desember 2023 untuk Seri A dan 8 Desember 2028 untuk Seri B. 

Adapun dana yang diperoleh ADCP dari penawaran umum obligasi ini akan digunakan untuk membayar pokok pinjaman kepada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) terkait kredit modal kerja senilai Rp229,92 miliar. 

Sementara itu, sisanya akan digunakan perseroan untuk pengembangan kawasan LRT City Tebet dan LRT City Cibubur yang saat ini sedang dikembangkan oleh ADCP. 

Dalam rangka penerbitan obligasi ini, ADCP telah memperoleh hasil pemeringkatan dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dengan rating idAAA corporate guarantee (cg). Bertindak sebagai penjamin adalah PT Cimb Niaga Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas. 

Perkiraan Jadwal Penerbitan Obligasi Adhi Commuter Properti (ADCP):

  • Tanggal efektif: 30 November 2023
  • Masa penawaran umum: 4 – 5 Desember 2023
  • Tanggal penjatahan: 6 Desember 2023
  • Tanggal pengembalian uang pemesanan: 8 Desember 2023
  • Tanggal emisi: 8 Desember 2023
  • Tanggal pencatatan efek di BEI: 11 Desember 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper