Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Dibuka Fluktuatif, Saham Konglomerat CUAN hingga ADRO Kompak Melejit

IHSG cenderung fluktuatif pada awal perdagangan hari ini, Kamis (9/11/2023). Saham terafiliasi konglomerat seperti ADRO dan CUAN terpantau melejit pagi ini.
Pegawai mengamati layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (27/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai mengamati layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (27/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung fluktuatif pada awalperdagangan hari ini, Kamis (9/11/2023). Saham terafiliasi konglomerat seperti ADRO dan CUAN terpantau melejit pagi ini.

Mengutip RTI Business pukul 09.03 WIB, IHSG sempat melemah tipis 0,05% ke level 6.797,70. Namun IHSG langsung balik arah ke zona hijau dengan menguat 0,04% atau 2,80 poin ke 6.806,90 pada 09.04 WIB.

Tercatat, 157 saham menguat, 111 saham melemah, dan 237 saham bergerak di tempat. Kapitalisasi pasar terpantau menjadi Rp10.636 triliun.

Saham PT Adaro Energi Internasional Tbk. (ADRO) yang terafiliasi Garibaldi Thohir terpantau menguat 2,05 % ke posisi Rp2.490 per saham. Kemudian saham emiten Prajogo Pangestu PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) juga naik 3,85% ke Rp6.750, sedangkan saham PT Medco Energi International Tbk. (MEDC) milik keluarga Panigoro naik 1,35% ke Rp1.125 per saham.

Emiten big caps lain yang parkir di zona hijau diantaranya, Saham UNTR yang naik 1,10% ke posisi Rp23.050. Selanjutnya saham MTEL juga naik 3,23% ke level Rp640 per saham. Tak ketinggalan, saham TBIG juga menguat 1,92%  atau 40 poin ke posisi Rp2.090 per lembar saham.

Head of Research Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan mengatakan IHSG pada hari ini rawan mengalami pelemahan lanjutan dan berpeluang menutup gap ke kisaran support area 6.750-6.780.  Setelah IHSG mencatatkan support break low 6850 pada perdagangan kemarin, Rabu (8/11). Kondisi tersebut diikuti terbentuknya sinyal death cross pada Stochastic RSI.

“Pasar akan mengantisipasi pidato Kepala The Fed, Jerome Powell pada Kamis [9/11] waktu setempat. Pasar mengharapkan adanya konfirmasi akan clue kebijakan less-hawkish pada FOMC mendatang,” ujarnya dalam publikasi riset harian. 

Hal tersebut, kata Valdy, berpotensi menjadi katalis positif bagi penguatan nilai tukar rupiah ke level kritikal di Rp15.500 per dolar Amerika Serika (AS) pada pekan ini. 

Dari dalam negeri, realisasi Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) berada di 124,3 pada Oktober 2023. Level tersebut mendekati rata-rata IKK di 124,5 sepanjang Januari-September 2023. 

“Kondisi konsumsi domestik yang masih relatif kuat berpotensi menopang laju pertumbuhan ekonomi kembali ke level 5% pada akhir tahun ini,” pungkasnya. 

Adapun beberapa rekomendasi saham dari Phintraco Sekuritas adalah BTPN, CPIN, NCKL, KLBF, AUTO, ADRO, dan speculative buy pada saham MIKA, SCMA, serta BIRD.

Sementara itu, Analis RHB Sekuritas Muhammad Wafi menuturkan IHSG terlihat kembali melakukan koreksi teknikal dan breakdown support garis MA20, tetapi dengan volume rendah dan longer lower shadow. 

“Jika mampu kembali breakout resistance garis MA20 maka berpeluang untuk kembali menguji resistance garis MA50. Namun jika tidak mampu kembali breakout resistance garis MA20 maka berpeluang untuk menguji level terendahnya di Oktober 2023,” tuturnya.

Wafi mengatakan rentang pergerakan IHSG saat ini berada di kisaran 6.760 hingga 6.870. Adapun saham pilihan RHB Sekuritas pada hari ini adalah NCKL, AVIA, FILM, dan BIRD.

_______

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper