Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Rawan Melemah, Cermati Saham NCKL, AVIA, FILM & BIRD

RHB Sekuritas memprediksi rentang pergerakan IHSG hari ini akan berada di kisaran 6.760 hingga 6.870.
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan mengalami pelemahan lanjutan dan berpeluang menutup gap ke kisaran support area 6.750-6.780 pada Kamis (9/11/2023). Saham NCKL, AVIA, FILM, dan BIRD dapat dicermati.

Head of Research Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan mengatakan bahwa IHSG mencatatkan support break low 6850 pada perdagangan kemarin, Rabu (8/11). Kondisi tersebut diikuti terbentuknya sinyal death cross pada Stochastic RSI.

“Pasar akan mengantisipasi pidato Kepala The Fed, Jerome Powell pada Kamis [9/11] waktu setempat. Pasar mengharapkan adanya konfirmasi akan clue kebijakan less-hawkish pada FOMC mendatang,” ujarnya dalam publikasi riset harian. 

Hal tersebut, kata Valdy, berpotensi menjadi katalis positif bagi penguatan nilai tukar rupiah ke level kritikal di Rp15.500 per dolar Amerika Serika (AS) pada pekan ini. 

Dari dalam negeri, realisasi Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) berada di 124,3 pada Oktober 2023. Level tersebut mendekati rata-rata IKK di 124,5 sepanjang Januari-September 2023. 

“Kondisi konsumsi domestik yang masih relatif kuat berpotensi menopang laju pertumbuhan ekonomi kembali ke level 5% pada akhir tahun ini,” pungkasnya. 

Adapun beberapa rekomendasi saham dari Phintraco Sekuritas adalah BTPN, CPIN, NCKL, KLBF, AUTO, ADRO, dan speculative buy pada saham MIKA, SCMA, serta BIRD.

Sementara itu, Analis RHB Sekuritas Muhammad Wafi menuturkan IHSG terlihat kembali melakukan koreksi teknikal dan breakdown support garis MA20, tetapi dengan volume rendah dan longer lower shadow. 

“Jika mampu kembali breakout resistance garis MA20 maka berpeluang untuk kembali menguji resistance garis MA50. Namun jika tidak mampu kembali breakout resistance garis MA20 maka berpeluang untuk menguji level terendahnya di Oktober 2023,” tuturnya.

Wafi mengatakan rentang pergerakan IHSG saat ini berada di kisaran 6.760 hingga 6.870. Adapun saham pilihan RHB Sekuritas pada hari ini adalah NCKL, AVIA, FILM, dan BIRD.

PT Trimegah Bangun Persada Tbk. (NCKL)

Trimegah Bangun Persada terlihat melakukan rebound dengan membuat Higher High (HH) level disertai volume dan menguji resistance garis MA20. Wafi mengatakan jika NCKL mampu breakout resistance garis MA20 maka akan mengkonfirmasi fase bullish. 

Rekomendasi buy disematkan untuk saham NCKL di area Rp970 dengan target jual di Rp1.010 hingga Rp1.070, sedangkan cut loss di level Rp940.

PT Avia Avian Tbk. (AVIA)

Wafi menilai saham AVIA terlihat melakukan koreksi teknikal dengan bearish engulfing candle dan volume rendah. Jika mampu breakout resistance garis MA20, maka akan mengkonfirmasi fase bullish untuk menguji resistance garis MA50.

RHB Sekuritas merekomendasikan buy saham AVIA jika breakout sekitar Rp510 dengan target jual di Rp540 hingga Rp570, sedangkan cut loss di level Rp488.

PT MD Pictures Tbk. (FILM)

MD Pictures terlihat melakukan rebound dari support garis MA5 dengan membuat Higher High (HH) level disertai volume. Selama bertahan di atas garis MA5 maka berpeluang untuk menguji resistance garis MA20 sekaligus resistance bearish channel. 

Rekomendasi buy disematkan untuk saham FILM di area sekitar Rp2.260 dengan target jual di Rp2.610 hingga Rp2.950, sementara cut loss di Rp2.050.

PT Blue Bird Tbk. (BIRD)

Wafi memandang saham BIRD terlihat melakukan dan breakout resistance garis MA5 dengan membuat Higher High (HH) level. Selama bertahan di atas garis MA5 maka berpeluang untuk kembali rebound dan menguji resistance garis MA20 sekaligus resistance bearish channel.

Saham BIRD mendapatkan rekomendasi buy pada area sekitar Rp1.860 dengan target jual di level Rp1.990 hingga Rp2.120, sedangkan cut loss di Rp1.830.

__________________ 

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper