Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspansi Diler, Autopedia Sukses Lestari (ASLC) Sewa Lahan dari ASSA

Autopedia Sukses Lestari (ASLC) melaporkan telah menyewa sejumlah lahan dari induk usahanya, PT Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA) untuk perluas jaringan diler.
PT Autopedia Sukses Lestari tbk. (ASLC) melaporkan telah menyewa sejumlah lahan dari induk usahanya, PT Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA) untuk perluas jaringan diler./Istimewa
PT Autopedia Sukses Lestari tbk. (ASLC) melaporkan telah menyewa sejumlah lahan dari induk usahanya, PT Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA) untuk perluas jaringan diler./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten milik konglomerat TP Rachmat, PT Autopedia Sukses Lestari Tbk. (ASLC) melaporkan telah menyewa sejumlah lahan dari induk usahanya, PT Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA) untuk memperluas jaringan diler mobil bekas perseroan.

Manajemen ASLC dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan, transaksi tersebut dilakukan pada Rabu, (18/10/2023) dengan nilai sewa Rp266,4 juta untuk dua bidang tanah. Alasannya, ASSA memiliki lahan kosong berupa tanah yang cukup luas namun belum digunakan secara maksimal.

Secara terperinci, ASLC menyewa lahan milik ASSA seluas 3.884 m2 yang terletak di Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Transaksi tersebut senilai Rp99,9 juta selama 1 tahun, dan biaya sewa sudah termasuk pajak penghasilan (PPh).

Selanjutnya, perseroan menyewa  4.519 m2 lahan di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara senilai Rp166,5 juta selama setahun.

"Perseroan membutuhkan lahan tersebut untuk menyelenggarakan kegiatan usahanya, agar jaringan cabang operasionalnya di wilayah Jakarta dan Medan lebih luas," tulis manajemen ASLC dikutip Senin, (23/10/2023).

Selain itu, pada saat bersamaan, anak usaha ASLC di bidang lelang kendaraan, PT JBA Indonesia juga menyewa lahan milik ASSA seluas  1.752 m2 di wilayah Jambi untuk memperluas jaringan usahanya. Total biaya sewa sebesar Rp108,24 juta selama 1 tahun.

"Dengan disewakannya lahan kosong yang tidak digunakan seluruhnya oleh ASSA, diharapkan Perseroan dapat memperluas jaringan usahanya dan memberikan manfaat finansial kepada ASSA berupa pembayaran biaya sewa," tulisnya.

Sebagai informasi, PT Autopedia Sukses Lestari Tbk. (ASLC) dan PT Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA) berada di bawah naungan Grup Triputra milik konglomerat TP Rachmat. ASSA sebagai pengendali ASLC memiliki 77,60% saham atau setara 9,89 miliar saham.

Dari catatan pemberitaan Bisnis, sebagai upaya memperkuat ekosistem mobil bekas, ASLC menggencarkan strategi diler Caroline.id yang akan meningkatkan brand awareness dan menambah jaringan cabang showroom. Pada kuartal III/2023, perseroan juga telah membuka tiga cabang baru di Bekasi, Tajur, dan Cinere.

Sementara itu, volume kendaraan roda empat yang dilelang oleh anak usaha ASLC yakni JBA pada tahun ini ditarget lebih dari 38.500 unit, melampaui kondisi normal sebelum pandemi.

Manajemen ASLC mengklaim jumlah kendaraan yang berhasil dilelang pada semester I/2023 meningkat 17,1 persen secara year-on-year (YoY) menjadi hampir 41.000 unit kendaraan roda dua dan roda empat. Jumlah itu naik signifikan dibandingkan periode sama pada 2022 sebanyak 35.000 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper