Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Dibuka Hijau, Saham BRPT Melejit Tersengat Harga IPO BREN

IHSG dibuka menguat dengan saham BRPT milik Prajogo Pangestu melenggang ke zona hijau seiring penetapan harga final IPO BREN.
Konglomerat Prajogo Pangestu/Istimewa.
Konglomerat Prajogo Pangestu/Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan awal pekan, Senin (2/10/2023). Saham emiten milik Prajogo Pangestu seperti BRPT dan CUAN juga ikut melejit seiring PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) yang mematok harga IPO Rp780 per saham. 

Saat IHSG menguat, saham big cap termasuk GOTO, BBCA, BBRI dan TLKM menjadi saham yang paling banyak diperdagangkan pada awal sesi I perdagangan hari ini. 

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) pukul 09.00 WIB, IHSG berada di level 6.949,38. Posisi ini naik 0,14 persen atau 9,48 poin. Setelah satu menit perdagangan IHSG bergerak di rentang 6.941,42 hingga 6.956,98. Sebanyak 195 saham menguat, 123 saham melemah dan 525 saham jalan di tempat. 

Kemudian sebanyak 450,58 juta saham diperdagangkan dengan total nilai mencapai Rp387,36 miliar. Kapitalisasi pasar tercatat sebesar Rp10.324,93 triliun. 

Adapun beberapa saham menjadi yang paling banyak diperdagangkan di awal sesi. Urutan pertama adalah PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO). Saham GOTO naik 1,18 persen dan parkir di level Rp86 per saham. 

Selanjutnya emiten bank PY Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) yang keduanya sama-sama berada di jalur hijau dan naik masing-masing 0,85 persen dan 0,48 persen. 

Selanjutnya emiten PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) juga banyak diburu investor, namun harga sahamnya masih stagnan. Disusul oleh saham PT Adaro Energy Tbk. (ADRO) yang turun 1,05 persen dan berada di level Rp2.820 per saham. 

Saham lain yang paling laris adalah AMMN, MEDC, dan SIDO.

Sementara itu, mengacu pada prospektus IPO, BREN milik Prajogo Pangestu bersiap menerbitkan 4 miliar saham atau 3 persen saham ke publik. Perseroan mematok harga IPO sebesar Rp780 per saham, sehingga nilai penawaran umum ini secara keseluruhan mencapai Rp3,13 triliun. 

Investor tampak merespons pengumuman BREN tersebut. Alhasil, saham PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) menguat 2,69 persen, sedangkan saham PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) naik 3,15 persen pada 09.20 WIB.  

Sebelumnya, Financial Expert Ajaib Sekuritas Ratih Mustikoningsih memprediksi IHSG akan bergerak mixed cenderung menguat pada perdagangan hari ini di rentang 6.900-6.980.

Adapun sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini antara lain, dari dalam negeri, Indonesia berpartisipasi dalam Berlin Global Dialogue (BGD) di Jerman tanggal  29 September 2023. Forum BGD menghadirkan Presiden, Menteri, Akademisi dan CEO perusahaan internasional. 

Pada forum tersebut Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati menyampaikan dukungan terhadap proses transisi menuju energi bersih. Pendanaan yang dibutuhkan Indonesia untuk mencapai penurunan emisi karbon tersebut mencapai Rp3.500 triliun atau US$246 miliar.

Dari mancanegara, Indeks konsumen Michigan Consumer Sentiment periode September 2023 tercatat sebesar 68,1, setelah pada bulan sebelumnya di level 71,6. Turunnya ekspektasi konsumen menyusul pemogokan kerja di sektor otomotif Amerika Serikat (AS) yang melibatkan tiga produsen otomotif terbesar akibat tuntutan kenaikan upah dan jam kerja. 

Adapun kenaikan harga bahan pangan dan bahan bakar juga menjadi pertimbangan turunnya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi AS. 

Dari Asia, Biro Statistik Nasional China (NBS) mencatat PMI manufaktur pada September 2023 naik ke level 50,2 dari bulan sebelumnya yang masih di level kontraksi sebesar 49,7.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper