Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Saham dan Pergerakan IHSG Hari Ini, Rabu 30 Agustus 2023

IHSG hari ini, Rabu (30/8/2023) diprediksi sideways namun cenderung menguat di rentang 6.850-6.955 di dorong oleh sentimen dalam negri maupun mancanegara.
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi sideways namun cenderung menguat di rentang 6.850-6.955 pada perdagangan hari ini, Rabu (30/82023), seiring dengan adanya sentimen dalam negeri maupun mancanegara.

Financial Expert Ajaib Sekuritas Ratih Mustikoningsih mengatakan hari ini, IHSG berpotensi bergerak sideways cenderung menguat terbatas dalam range 6.850-6.955, didorong oleh sentimen Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan melaporkan hingga saat ini dana yang terkumpul untuk penanganan perubahan iklim berjumlah US$500 juta atau setara Rp7,66 triliun. 

Dana tersebut dapat bertambah hingga US$4 miliar dari dukungan Asian Development Bank (ADB), World Bank, termasuk pemerintah Indonesia. Anggaran tersebut akan difokuskan untuk mempensiunkan pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia dalam waktu dekat, dengan target 1,5 gigawatt (GW) PLTU yang akan dihentikan pada tahap awal. 

Adapun Indonesia masih memiliki target penurunan emisi karbon dengan kebutuhan dana sebesar US$281 miliar.

Dari mancanegara, sentimen konsumen di Amerika Serikat (AS) versi University of Michigan lebih rendah menjadi 69,5 pada Agustus 2023, dari perkiraan awal 71,2. Untuk ekspektasi inflasi di tahun 2023 naik menjadi 3,5 persen dari 3,3 persen dan prospek untuk 5 tahun terakselerasi menjadi 3 persen dari 2,9 persen. 

Dari Asia, Inflasi di Jepang turun menjadi 2,90 persen pada Agustus 2023 dari 3,20 persen pada bulan sebelumnya. Sementara itu, Inflasi inti naik 2,8 persen yoy pada bulan Agustus 2023. Dengan demikian, inflasi inti  berada di atas target inflasi 2 persen selama 15 bulan beruntun, serta mengindikasikan tekanan inflasi masih cukup tinggi di Jepang.

Sementara itu, PT Sucor Sekuritas menargetkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bisa ke level 7.200 dengan catatan adanya pemangkasan suku bunga The Fed. Saham sektor media menjadi rekomendasi Sucor saat ini. 

Direktur Utama Sucor Sekuritas Bernadus Setya Ananda Wijaya mengatakan saat ini pihaknya menargetkan IHSG bisa ke level 7.200 dengan beberapa catatan. IHSG bisa mendaki ke 7.200 jika terdapat pemangkasan suku bunga The Fed. 

“Tapi melihat kondisi inflasi yang masih cukup tinggi akibat perang Rusia-Ukraina, kenaikan harga pangan, mengakibatkan The Fed sepertinya menunda pemangkasan suku bunga. Maka target tersebut sulit sebenarnya untuk dicapai,” katanya, dikutip Rabu (30/8/2023).

Di sisi lain, pidato Jerome Powell menyebutkan adanya ruang untuk The Fed mempertahankan suku bunga pada pertemuan selanjutnya di September mendatang. Powell menekankan bahwa pekerjaan memerangi inflasi The Fed belum selesai sambil mencatat kemajuan dalam perlambatan kenaikan harga. 

Powell juga mengatakan bank sentral akan melanjutkan dengan "hati-hati," memberikan ruang bagi The Fed untuk mempertahankan suku bunga pada pertemuan berikutnya pada bulan September, setelah kenaikan pada bulan Juli ke level tertinggi 22 tahun di kisaran 5,25-5,5 persen.

Bernadus mengatakan dengan target IHSG yang mencapai 7.200 serta beberapa sentimen khususnya pemilu, saham sektor media menjadi menarik untuk diperhatikan. 

Sektor media disebut menarik terutama hingga akhir 2023 karena adanya kampanye pemilu yang akan sangat ikut mendongkrak kinerja keuangan di kuartal III dan IV/2023.

Selain mengunggulkan sektor media, Bernadus menyebut sektor komoditas terutama nikel juga akan menarik untuk diperhatikan. 


Penulis : Artha Adventy
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper