Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konglomerat Peter Sondakh Bakal Lego Saham Batu Bara SMMT ke Geo Energy

Grup Rajawali milik konglomerat Peter Sondakh akan melepas mayoritas sahamnya di emiten batu bara PT Golden Eagle Energy Tbk. (SMMT).
Grup Rajawali milik konglomerat Peter Sondakh akan melepas mayoritas sahamnya di emiten batu bara PT Golden Eagle Energy Tbk. (SMMT). /Forbes
Grup Rajawali milik konglomerat Peter Sondakh akan melepas mayoritas sahamnya di emiten batu bara PT Golden Eagle Energy Tbk. (SMMT). /Forbes

Bisnis.com, JAKARTA - Grup Rajawali milik konglomerat Peter Sondakh akan melepas mayoritas sahamnya di emiten batu bara PT Golden Eagle Energy Tbk. (SMMT) ke Geo Energy Resources Limited.

Grup Rajawali, konglomerasi yang bergerak di bidang perhotelan, media, infrastruktur, pertambangan dan sumber daya alam, menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat (CSPA) dengan Geo Energy.

"Dalam CSPA, Geo Energy akan mengakuisisi 58,65 persen saham SMMT dan 33 persen saham perusahaan terafiliasinya, PT Marga Bara Jaya (MBJ)," seperti dikutip dari keterangan resmi Geo Energy, Rabu (26/7/2023).

Kepemilikan ekuitas Geo Energy di SMMT dapat meningkat menjadi 75 persen apabila Penawaran Tender Wajib (MTO) yang ditawarkan kepada para pemegang saham publik diterima dengan baik.

Geo Energy juga memiliki opsi untuk membeli tambahan 25,70 persen kepemilikan di MBJ. Total nilai transaksi ini, termasuk MTO diperkirakan sekitar US$200 juta atau Rp3 triliun (estimasi kurs Rp15.000 per dolar AS).

Tercatat di Bursa Efek Indonesia, SMMT telah memproduksi dan memperdagangkan batu bara berkualitas tinggi dengan kandungan sulfur dan abu yang rendah melalui anak perusahaannya, PT Triaryani (TRA).

Cadangan batu bara berkadar sulfur dan abu rendah menarik permintaan yang kuat dari pasar domestik dan internasional, khususnya Asia, dan memiliki harga premium di atas harga pasar.

Sementara itu, MBJ bergerak di bidang pengembangan dan pengoperasian infrastruktur terpadu (jalan angkut dan dermaga) untuk penanganan logistik dan transportasi batu bara ke pasar domestik dan ekspor.

Infrastruktur terpadu yang siap dikembangkan sepanjang 92 km ini menghubungkan lokasi-lokasi logistik utama yang menyediakan akses bagi konsesi tambang TRA dan tambang-tambang batu bara di sekitarnya (Sumatera Selatan) ke pasar internasional.

Jalan angkut dan terminal batubara kelas dunia di Sungai Lalan memiliki kapasitas yang ditargetkan hingga 50 juta ton per tahun, dengan 25 juta ton dicadangkan untuk batu bara TRA per tahun.

Setelah menyelesaikan akuisisi ini, Geo Energy akan melakukan pengajuan, pemberitahuan dan pengisian yang diperlukan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan kemudian meluncurkan MTO atau penawaran tender wajib.

Harga MTO ditetapkan sebesar Rp1.255 per saham. Keseluruhan proses MTO ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar 10-12 minggu, tergantung pada persetujuan dari OJK.

Charles Antonny Melati, Executive Chairman & Chief Executive Officer Geo Energy, menyatakan akuisisi besar ini akan mentransformasi Geo Energy menjadi salah satu pemain batu bara terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 20 tahun masa tambang cadangan.

"Selain itu, infrastruktur baru ini akan mengintegrasikan produksi batubara secara vertikal dengan kekuatan rantai pasokan dan membuka efisiensi operasional yang lebih tinggi bagi Grup," jelasnya.

Dengan cadangan lebih dari 300 juta ton, Geo Energy bertujuan untuk meningkatkan produksinya guna mendorong pertumbuhan strategis dalam jangka panjang.

Setelah selesainya pembangunan infrastruktur baru, perusahaan akan dapat meningkatkan produksi hingga 25 juta ton per tahun dengan biaya yang lebih rendah dan efisiensi operasional yang lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper