Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RMK Energy (RMKE) Cetak Volume Bongkaran Batu Bara 6,3 juta MT Semester I/2023

RMK Energy (RMKE) menyampaikan telah membongkar 2.413 kereta, dengan muatan 6,3 juta MT baru bara hingga semester I/2023.
RMK Energy (RMKE) menyampaikan telah membongkar 2.413 kereta, dengan muatan 6,3 juta MT baru bara hingga semester I/2023.
RMK Energy (RMKE) menyampaikan telah membongkar 2.413 kereta, dengan muatan 6,3 juta MT baru bara hingga semester I/2023.

Bisnis.com, JAKARTA — PT RMK Energy Tbk. (RMKE) menyampaikan telah membongkar 2.413 kereta dengan muatan 6,3 juta MT batu bara dan mengapalkan 4,3 juta MT batu bara hingga Juni 2023.

Direktur Operasional RMKE William Saputra menyampaikan kinerja operasional RMKE masih tumbuh dengan sangat baik, terutama untuk segmen jasa batu bara.

William menuturkan tahun ini kinerja operasional segmen penjualan batu bara belum sesuai ekspektasi manajemen. Akan tetapi, RMKE menuturkan akan mengoptimalkan kinerja yang jauh lebih baik pada sisa semester II/2023, dengan kondisi curah hujan yang jauh lebih rendah, serta harga batu bara yang cenderung membaik dibandingkan dengan semester sebelumnya.

“Secara paralel RMKE juga berupaya meningkatkan laba dengan efisien biaya dalam menjalankan operasionalnya, baik dari sisi waktu, penggunaan bahan bakar, serta penggunaan in-house kontraktor," ujar William dalam keterangan resminya, Senin (24/7/2023).

Manajemen RMKE mengatakan volume bongkaran kereta dan muatan tongkang masing-masing telah tumbuh sebesar 23,0 persen year on year (yoy) dan 35,6 persen yoy. Volume bongkaran kereta tersebut telah mencapai 51,1 persen target tahun 2023 atau dengan kata lain telah mencapai target tengah tahun 2023.

Peningkatan kinerja operasional dari segmen jasa batu bara ini tidak terlepas dari on-time performance (OTP) bongkar kereta yang jauh lebih cepat 42 menit menjadi 3:23 jam per kereta, dibandingkan waktu bongkar kereta pada semester pertama tahun lalu, yaitu 4:05 jam.

Penggunaan bahan bakar meningkat sebesar 24,9 persen seiring dengan peningkatan volume angkutan batu bara. Akan tetapi, rasio penggunaan bahan bakar per ton batu bara menjadi lebih efisien dari 0,96 liter per metrik ton tahun lalu menjadi 0,88 liter/MT atau lebih efisien sebesar 7,9 persen.

Dari segmen penjualan batu bara, RMKE mencatatkan penjualan batu bara sebesar 1,12 juta MT batu bara hingga Juni 2023, dengan pertumbuhan 11,9 YoY dari periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan volume penjualan batu bara ini ditopang oleh pertumbuhan produksi tambang in-house, PT Truba Bara Banyu Enim (TBBE) yang memproduksi 671.830 MT batu bara, meningkat 45,7 persen sejak beroperasi pada Februari 2022. Volume produksi tambang in-house dan penjualan batubara telah tercapai masing-masing sebesar 32 persen dan 40,3 persen dari target tahun 2023.

Direktur Keuangan RMKE Vincent Saputra juga menyampaikan di tengah kondisi ekonomi yang masih belum stabil dengan harga batu bara yang masih volatile, RMKE masih sangat optimis kinerja segmen jasa batu bara menjadi penopang pertumbuhan kinerja keuangan yang berkelanjutan.

Hal ini terlihat dari kontribusi segmen jasa dan segmen penjualan batu bara sebesar masing-masing 50% terhadap laba kotor RMKE pada kuartal I/2023 sejak adanya normalisasi harga batu bara. Selain itu, RMKE masih mengimplementasikan efisiensi biaya dalam menjalankan operasionalnya, baik dari sisi waktu, penggunaan bahan bakar, serta penggunaan in-house kontraktor sehingga dapat meningkatkan kinerja keuangan.

“Ke depannya bersama grup, RMKE juga akan memberikan pelayanan jasa batu bara yang terintegrasi dari proses hulu-hilir untuk meningkatkan volume angkutan dan bongkaran batubara. Potensi batu bara di Sumatra Selatan masih sangat besar, apabila infrastruktur di hulu dan hilir sudah terkoneksi dengan baik, kami optimistis dapat meningkatkan kapasitas produksi di Sumatra Selatan,” ucap Vincent.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper