Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Orang Terkaya di Indonesia, Bos Djarum Jawara Kalahkan Raja Batu Bara

Raja batu bara Low Tuck Kwong pemilik PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) berada di posisi kedua orang terkaya Indonesia, setelah Bos Grup Djarum Budi Hartono.
Miliarder Indonesia Michael Bambang Hartono, salah satu pemilik Djarum Group. Raja batu bara Low Tuck Kwong pemilik PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) berada di posisi kedua orang terkaya Indonesia, setelah Bos Grup Djarum Budi Hartono. Bloomberg/Dimas Ardian
Miliarder Indonesia Michael Bambang Hartono, salah satu pemilik Djarum Group. Raja batu bara Low Tuck Kwong pemilik PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) berada di posisi kedua orang terkaya Indonesia, setelah Bos Grup Djarum Budi Hartono. Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA - Kekayaan konglomerat Indonesia kembali mengalami perubahan hari ini, Minggu (23/7/2023) sehingga mengaruhi daftar 10 orang terkaya. Raja batu bara Low Tuck Kwong pemilik PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) berada di posisi kedua, setelah Bos Grup Djarum Budi Hartono.

Sejalan dengan Low Tuck Kwong, Dewi Kam sebagai pengusaha wanita satu-satunya di daftar 10 orang terkaya di Indonesia, naik peringkat ke urutan sembilan, satu tingkat di bawah Bos Grup Alfamart Djoko Susanto

Sementara itu, Bos Grup Harita Lim Hariyanto Wijaya Sarwono harus terdepak dari posisinya kedelapan menjadi urutan kesepuluh, di mana Lim mengalami penurunan kekayaan sebesar 2,91 persen atau US$121 juta yang setara dengan Rp1,8 triliun. 

Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia per 23 Juli 2023: 

1. Robert Budi Hartono - Rp396,68 Triliun  

Sebagai pemilik PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dan Grup Djarum lainnya, Robert menduduki posisi pertama orang terkaya di Indonesia dengan harta mencapai US$26,4 miliar atau Rp396,68 triliun (estimasi Jisdor 21 Juli 2023 Rp15.026 per dolar AS).

Grup Djarum juga memiliki Blibli.com atau PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI) dan emiten menara, PT Sarana Menara Infrastructure Tbk. (TOWR).

2. Low Tuck Kwong – Rp393,68 Triliun  

Sebagai bos PT Bayan Resources Tbk. (BYAN), harta Low Tuck Kwong terus berfluktuasi. Kini, sosoknya menempati posisi kedua sebagai orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan yang dimilikinya adalah US$26,2 miliar atau setara dengan Rp393,68 triliun.

Kekayaan Low Tuck Kwong makin bertambah seiring dengan moncernya saham BYAN. Saham BYAN terkini berada di level Rp18.725, naik 22,79 persen dalam sebulan, tetapi turun 10,83 persen sepanjang 2023. 

3. Michael Bambang Hartono - Rp380,15 Triliun 

Posisi ketiga dihuni oleh Michael Bambang Hartono, kakak Robert Budi Hartono yang mengendalikan Grup Djarum. Kekayaan Michael Hartono mencapai US$25,3 miliar atau setara Rp380,15 triliun.

4. Sri Prakash Lohia - Rp108,18 Triliun 

Sri Prakash Lohia merupakan pengusaha tekstil dan petrokimia. Pria kelahiran India ini memiliki kekayaan sekitar US$7,2 miliar atau Rp108,18 triliun.

5. Prajogo Pangestu - Rp94,66 Triliun 

Sebagai pendiri dan pemilik dari Barito Group, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang petrokimia, energi panas bumi dan properti, Prajogo mempunyai kekayaan bersih sekitar US$6,3 miliar atau Rp94,66 triliun. Sejumlah emiten miliknya ialah PT Barito Pacific Tbk. (BRPT), PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (TPIA), dan PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN).

 

6. Tahir dan Keluarga - Rp78,13 Triliun 

Sebagai pendiri dari Mayapada Group, Tahir memiliki total kekayaan sekitar US$5,2 miliar atau sekitar Rp78,13 triliun yang berasal dari beragam bidang, seperti perbankan, kesehatan, dan real estat.  

Kabar terbaru menyebutkan Bank Mayapada (MAYA) telah mendapatkan suntikan dana Rp3 triliun dari Dato' Sri Tahir selaku pemegang saham pengendali. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai, suntikan dana itu akan mampu mendongkrak kinerja keuangan bank.

7. Chairul Tanjung – Rp75,13 Triliun

Sosok pemilik CT Group dengan bisnis yang bergerak di perbankan, jaringan ritel hingga stasiun TV terus mempertahankan posisinya di deretan orang terkaya. Total kekayaannya mencapai US$5 miliar atau Rp75,13 triliun. Chairul Tanjung dengan usia 61 tahun juga menjadi yang termuda dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia.

8. Djoko Susanto - Rp66,11 Triliun 
Djoko Susanto kini berada di posisi kedelapan orang terkaya di Indonesia. Bos pemilik Grup Alfamart ini memiliki kekayaan sekitar US$4,4 miliar atau Rp66,11 triliun. 

Sebelumnya, emiten pengelola Alfamidi miliknya, PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI) menargetkan 700 toko baru pada 2023 dan 500 di antaranya adalah tambahan gerai Lawson. Ekspansi agresif Lawson ini merupakan strategi lanjutan yang diterapkan sejak semester II/2022.

Alfamart menargetkan penambahan 1.000 gerai Alfamart di dalam negeri tahun ini. Sementara itu, tambahan gerai di Filipina dibidik berjumlah 250—360 toko baru. Saat ini gerai Alfamart di Filipina mencapai 1.464 toko.

9. Dewi Kam - Rp64,61 Triliun 

Dewi Kam menjadi wanita satu-satunya dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia. Dewi Kam mendapatkan sebagian besar kekayaannya berasal dari saham minoritas di perusahaan tambang batu bara Bayan Resources. Saat ini kekayaannya mencapai US$4,3 miliar atau setara dengan Rp64,61 triliun.

10. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono - Rp61,6 Triliun

Posisi kekayaan Lim kerap bergeser beberapa kali selama pertengahan tahun 2023. Jika, beberapa minggu lalu, dia berada di urutan kedelapan.  Melansir dari Forbes, kini Lim dan keluarga harus rela tergeser, sehingga berada di posisi kesepuluh dengan harta US$4,1 miliar atau Rp61,60 triliun.  

Adapun sang anak, Lim Gunawan merupakan Direktur dan CEO Bumitama Agri. Di samping itu, Harita Grup milik keluarga Lim Hariyanto juga bergerak di sektor tambang bauksit melalui PT Cita Mineral Investindo Tbk. (CITA), dan nikel melalui PT Trimegah Bangun Persada Tbk. (NCKL). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper