Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup HITS Boyong Anak Usaha Humpuss Maritim (HUMI) IPO, Harga Rp100 per Saham

Humpuss Maritim Internasional (HUMI) akan menawarkan maksimal 2,70 miliar saham baru dalam aksi IPO.
Kapal tanker gas Ekaputra 1. Pengangkutan gas merupakan salah satu lini usaha PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk./hits.co.id
Kapal tanker gas Ekaputra 1. Pengangkutan gas merupakan salah satu lini usaha PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk./hits.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk. (HITS) mengantar anak usahanya PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. atau HUMI menggelar penawaran perdana (initial public offering/IPO) saham dengan target dana segar hingga Rp270,70 miliar.

Humpuss Maritim akan menawarkan maksimal 2,70 miliar saham baru yang dikeluarkan dari portepel perseroan. Jumlah ini setara 15 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah IPO. Nilai nominal saham adalah Rp100 per saham, dan harga penawaran awal sebesar Rp100 per saham.

“Bersamaan dengan IPO, Humpuss Maritim juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 1.353.500.000 waran seri I atau sebesar 7,5 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka IPO ini disampaikan,” tulis manajemen Humpuss Maritim dalam prospektus yang diterbitkan di harian Bisnis Indonesia, Senin (17/7/2023).

Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham yang ditawarkan pada tanggal penjatahan. Setiap pemegang 2 saham yang ditawarkan berhak memperoleh 1 waran seri I, di mana setiap 1 Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham perseroan yang dikeluarkan dari portepel dengan harga pelaksanaan sebesar Rp200 setiap Waran Seri I.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil IPO akan diserap sebesar 10 persen untuk kebutuhan modal kerja Humpuss Maritim dalam rangka memenuhi kebutuhan operasional rutin. Sisanya, sebesar 90 persenakan digunakan untuk memperkuat ekuitas dalam rangka pengembangan usaha anak usaha.

Anak-anak usaha Humpuss Maritim yang akan menerima kucuran modal dari dana IPO itu adalah PT PCS Internasional, PT OTS Internasional, PT Humpuss Transportasi, PT MCS Internasional, dan PT ETSI Hutama Maritim.

Sebagai informasi, saat ini stuktur pemegang saham Humpuss Maritim adalah HITS sebanyak 89,99 persen, PT Humpuss Transportasi Kimia mengempit 10 persen saham, dan sisinya Koperasi Karyawan Bhakti Samudra sebanyak 0,002 persen.

PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk ditunjuk sebagai penjamin pelaksana efek IPO Humpuss Maritim.

Indikasi Jadwal IPO Humpuss Maritim Internasional:

  • Masa Penawaran Awal:18 - 24 Juli 2023
  • Perkiraan Tanggal Efektif:31 Juli 2023
  • Perkiraan Masa Penawaran Umum Perdana Saham:2 – 4 Agustus 2023
  • Perkiraan Tanggal Penjatahan :4 Agustus 2023
  • Perkiraan Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik:7 Agustus 2023
  • Perkiraan Tanggal Pencatatan di BEI:8 Agustus 2023
  • Perkiraan Tanggal Awal Perdagangan Waran Seri I:8 Agustus 2023
  • Perkiraan Tanggal Akhir Perdagangan Warran Seri I, Pasar Reguler dan Negosiasi: 5 Agustus 2026, Pasar Tunai:7 Agustus 2026
  • Tanggal Awal Pelaksanaan Waran Seri I:8 Februari 2024
  • Tanggal Akhir Pelaksanaan Waran Seri I: 7 Aguatus 2026

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper