Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng BlackRock, BCA dan Batavia Prosperindo Garap Reksa Dana ESG Syariah

BCA berkolaborasi dengan manajer investasi Batavia Prosperindo dan BlackRock meluncurkan Reksa Dana Batavia Global ESG Sharia Equity USD (BGESEU)
Warga mengakses informasi tentang reksa dana di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Warga mengakses informasi tentang reksa dana di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - BCA berkolaborasi dengan manajer investasi PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen (BPAM) meluncurkan Reksa Dana Batavia Global ESG Sharia Equity USD (BGESEU). Mereka pun turut bekerjasama dengan BlackRock sebagai penasihat teknis.

Presiden Direktur BPAM, Lilis Setiadi menyatakan bahwa keikutsertaan BlackRock adalah sebagai penasihat teknis, mengingat manajer investasi ini sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun dan memiliki dana kelola mencapai US$8,5 triliun (per Desember 2022).

“Kami menggandeng Blackrock [salah satu manajer investasi terbesar di dunia] sebagai penasihat teknis yang memiliki keunggulan teknologi serta sumber daya riset, yang dapat membantu pengelolaan portofolio BGESEU semakin optimal,” ujar Lilis dalam keterangan resmi, Kamis (6/7/2023).

Diketahui, BGESEU merupakan produk investasi berbasis syariah dengan denominasi dolar Amerika. Adapun portofolio investasi BGESEU akan terdiri atas saham perusahaan global yang sudah menerapkan ESG (Environment, Social, and Governance), dan bergerak di sektor teknologi-informasi, kesehatan, material, hingga industri.

Dikutip dari laman Pasar Dana, saat ini dana kelolaan dari BGESEU sudah mencapai US$31,1 juta dengan profit pertahunnya mencapai 16,78 persen.

Pada kesempatan itu, Lilis juga menyatakan perusahaan dengan aspek ESG akan cenderung terhindar dari potensi sanksi akibat pelanggaran hukum. Pasalnya, mereka pastinya menerapkan program yang menghindari dampak pada lingkungan, sosial, serta pemerintah.

“Kami memandang perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan. ESG cenderung dikelola dengan lebih baik, serta cenderung terhindar dari potensi sanksi akibat pelanggaran hukum, juga tuntutan dari pelanggan dan karyawan,” ujar Lilis.

Senada, Direktur BCA, Haryanto T. Budiman menyatakan bahwa perusahaan yang menerapkan aspek ESG cenderung tahan terhadap krisis dan mampu menciptakan nilai serta keuntungan jangka panjang.

Saat ini reksa dana BGESEU bisa diperoleh melalui kantor cabang BCA yang melayani transaksi investasi. Selain itu, untuk nasabah yang ingin membeli melalui fitur Welma di aplikasi myBCA, pastikan rekening investasi reksadana USD nasabah sudah terkoneksi dengan ftur Welma.

Adapun bagi nasabah yang tertarik untuk mendapatkan informasi produk investasi, dapat menghubungi Halo BCA untuk extension 4 untuk layanan investasi atau mengunjungi cabang BCA yang melayani transaksi investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper