Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Ritel Hermanto Tanoko ZONE Kejar Target Penjualan Rp770 Miliar

Pengelola gerai Manzone dan Puma, Mega Perintis (ZONE) membidik kenaikan penjualan dan laba 15 persen sepanjang tahun ini.
Taipan asal Surabaya Hermanto Tanoko./Instagram
Taipan asal Surabaya Hermanto Tanoko./Instagram

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten ritel Tancorp milik crazy rich Hermanto Tanoko PT Mega Perintis Tbk. (ZONE) membidik pertumbuhan pendapatan dan laba bersih sebesar 15 persen pada 2023. Penjualan bersih ditargetkan menembus Rp770 miliar, sementara bottom line di Rp83 miliar.

Direktur Mega Perintis Luki Rusli mengatakan target ZONE pada 2023 akan didukung dengan prospek ekonomi Indonesia yang diperkirakan tetap tumbuh di kisaran 5 persen tahun ini meskipun ekonomi global menghadapi risiko perlambatan.

Ekonomi Indonesia tercatat tumbuh 5,03 persen secara tahunan pada kuartal I/2023. Di sisi lain, survei penjualan eceran oleh Bank Indonesia memperlihatkan bahwa pertumbuhan penjualan riil pakaian pada April 2023 diperkirakan mencapai 17,4 persen secara bulananan.

“Kami optimistis untuk melanjutkan implementasi strategi-strategi bisnis pada 2023 yang telah ditetapkan awal tahun. Mega Perintis membidik kenaikan masing-masing sebesar 15 persen untuk penjualan dan laba bersih,” kata Luki dalam paparan publik, Selasa (13/6/2023).

Selain mengandalkan perekonomian domestik yang tetap kuat, ZONE juga akan melanjutkan strategi ekspansi gerai dan kanal penjualan daring. Untuk penambahan gerai, ZONE menyiapkan belanja modal sebesar Rp29 miliar dari dana internal untuk menambah sekitar 30 toko baru pada merek-merek andalan seperti Manzone, Minimal, MO, Saleszone dan Puma.

Per Mei 2023, ZONE telah menambah 21 gerai baru dengan serapan capex mencapai 59 persen dari alokasi yang disiapkan. Luki mengatakan tambahan gerai tersebut membuat jumlah toko independen yang dioperasikan menjadi 267 unit.

Di kanal daring atau e-commerce, Luki mengemukakan penjualan diharapkan tumbuh 40 persen dibandingkan dengan 2022. Tahun lalu, kontribusi penjualan daring terhadap total pendapatan ZONE mencapai 6 persen atau sekitar Rp40,37 miliar, sementara di kuartal I/2023 meningkat menjadi 10 persen.

“Pada 2022 pertumbuhan penjualan daring mencapai 93,2 persen terutama karena kami berhasil melakukan kampanye di setiap brand kami. Untuk 2023 kami harapkan dapat tumbuh 40 persen,” katanya.

Sepanjang kuartal I/2023, ZONE mengantongi penjualan bersih sebesar Rp152,80 miliar atau naik 25,84 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022 sebesar Rp126,95 miliar. Sementara itu, laba bersih berjumlah Rp18,34 miliar atau turun 1,32 persen dibandingkan dengan kuartal I/2022 sebesar Rp19,66 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper