Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Metland (MTLA) Gelontorkan Rp95 Miliar untuk Akuisisi Lahan

PT Metropolitan Land Tbk. (MTLA) atau Metland telah menggelontorkan dana Rp95 miliar untuk pembelian lahan per April 2023.
Metland Transyogi, salah satu proyek besutan PT Metropolitan Land Tbk./metlandtransyogi.com
Metland Transyogi, salah satu proyek besutan PT Metropolitan Land Tbk./metlandtransyogi.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Metropolitan Land Tbk. (MTLA) atau Metland telah menggelontorkan dana Rp95 miliar untuk pembelian lahan per April 2023.

Direktur Metland Olivia Surodjo mengatakan hingga Rp181 miliar telah dikeluarkan dari dana anggaran belanja modal atau capital expenditure capex Rp700 miliar pada 2023. Sebanyak 95 miliar untuk pembelian lahan dan sisanya untuk pembangunan infrastruktur.

“Pembelian lahan itu sudah keluar sekitar Rp95 miliar. Sisanya [dari Rp181 miliar] itu adalah infrastruktur dari existing project maupun dari new project,” ujar Olivia dalam paparan publik dikutip Minggu (11/6/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan Metland telah menyiapkan dana sekitar Rp200 miliar sampai Rp210 miliar untuk akuisisi lahan. Kemudian sekitar Rp310 miliar disiapkan untuk pembangunan infrastruktur dari portofolio yang ada dengan terbesar akan dialokasikan untuk Metland Cibitung dan Metland Cikarang.

Dalam pendanaannya, Metland akan menggunakan sebagian dari ekuitas yang berasal dari sisa laba ditahan sekitar Rp314 miliar. Kemudian sekitar Rp300 miliar akan menggunakan pinjaman dari perbankan, dan sisanya berasal dari penjualan pemasaran atau marketing sales.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur Metland Anhar Sudradjat mengatakan pihaknya baru saja menambah sekitar 22 hektare lahan untuk Metland Cibitung. Selain itu, terdapat juga beberapa lahan baru yang akan dibebaskan, tetapi belum dapat disampaikan rinciannya.

“Jadi ada kira-kira pembulatan-pembulatan di hampir setiap lokasi kita ada 3 lokasi. Kita lakukan pembulatan-pembulatan dan ini nilainya kebetulan besar-besar,” tutur Anhar.

Adapun, dia menyebut saat ini Metland memiliki persediaan lahan atau landbank seluas 912 hektare yang tersebar pada 7 proyek yang ada. 

Jika menilik presentasi Metland per 30 September 2022, tercatat total luas tanah yang telah diakuisisi mencapai 1.222 hektare. Rinciannya untuk Metland Kertajati seluas 266 hektare, Metland Cikarang seluas 160 hektare, dan Metland Cibitung seluas 226 hektare.

Selanjutnya, Metland Cileungsi seluas 134 hektare, Metland Transyogi seluas 135 hektare, Metland Tambun seluas 37 hektare, Metland Cyber seluas 63 hektare, Metland Puri & Riviera seluas 62 hektare, dan Metland Menteng & Wisteria seluas 138 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper