Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia, Hartono Bersaudara Salip Low Tuck Kwong

Bos Grup Djarum Hartono bersaudara kembali menjadi orang terkaya di Indonesia, menyalip Raja Batu Bara Los Tuck Kwong.
Miliarder Indonesia Michael Bambang Hartono. Bos Grup Djarum Hartono bersaudara kembali menjadi orang terkaya di Indonesia, menyalip Raja Batu Bara Los Tuck Kwong. Bloomberg/Dimas Ardian
Miliarder Indonesia Michael Bambang Hartono. Bos Grup Djarum Hartono bersaudara kembali menjadi orang terkaya di Indonesia, menyalip Raja Batu Bara Los Tuck Kwong. Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA - Bos Grup Djarum Hartono bersaudara kembali menjadi orang terkaya di Indonesia berdasarkan data Forbes Real Time Billionaires per Minggu (4/6/2023). Robert dan Michael Hartono berhasil menyalip posisi Low Tuck Kwong.

Dalam daftar teranyar, posisi Raja Batu Bara Indonesia pemilik PT Bayan Resources Tbk. (BYAN), Low Tuck Kwong harus rela melepas takhtanya sebagai orang terkaya RI karena disalip Hartono bersaudara.

Turunnya kekayaan Low Tuck Kwong tak lepas dari harga batu bara yang terus mengalami koreksi dalam beberapa waktu terakhir. Seiring stabilisasi harga batu bara global tahun ini, tambal sulam pasokan terjadi di antara pasar Eropa dan Asia, bertepatan dengan harga gas yang tengah terjun bebas di Benua Eropa.  

Berikut Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia:

1. Robert Budi Hartono

Di peringkat pertama ada Robert Budi Hartono sebagai orang terkaya di Indonesia tahun ini. Robert merupakan pemilik perusahaan rokok Djarum dan juga Bank Central Asia (BCA).

Menurut data Forbes, harta kekayaan Robert Budi Hartono mencapai US$26,1 miliar atau sekitar Rp388,93 triliun (asumsi kurs: Rp14.901/dolar AS).

2. Michael Hartono

Posisi kedua dihuni oleh Michael Hartono, yang merupakan kakak dari Robert Budi Hartono. Dengan menjalani bisnis yang sama dengan adiknya, total kekayaan Michael Hartono mencapai US$25 miliar atau sekitar  Rp372,54 triliun.

3. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong, bos emiten batu bara PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) menempati urutan ketiga dalam daftar orang terkaya RI. Harta kekayaannya ambles puluhan triliun dalam beberapa waktu terakhir karena gonjang-ganjing harga batu bara. Total harta Low Tuck Kwong sebesar US$21,3 miliar atau sekitar Rp317,41 triliun.

4. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia merupakan pria asal India, pendiri perusahaan petrokimia dan tekstil Indorama Corporation. Harta kekayaan Sri Prakash Lohia mencapai US$7,1 miliar.

5. Prajogo Pangestu 

Urutan ke-5 dihuni oleh taipan Prajogo Pangestu yang juga merupakan pemilik perusahaan petrokimia PT Barito Pacific Tbk. (BRPT). Prajogo memiliki harta kekayaan bersih US$5,4 miliar.

6. Chairul Tanjung

Di posisi selanjutnya yakni Chairul Tanjung yang merupakan pemilik CT Corp yang bergerak di bidang perbankan melalui Allo Bank, swalayan seperti Carrefour dan jaringan ritel Trans, serta jaringan media dan stasiun televisi. Total kekayaan Chairul Tanjung mencapai US$4,6 miliar.

7. Tahir dan Keluarga 

Dato Sri Tahir masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan sekitar US$4,4 miliar. Tahir merupakan pendiri Mayapada Group yang merupakan konglomerat di bidang perbankan, kesehatan, dan real estat. 

8. Djoko Susanto

Djoko Susanto menempati urutan ke-8 orang terkaya RI versi Forbes dengan total kekayaan US$4 miliar. Sebagai informasi, Djoko Susanto merupakan pemilik retail Alfamart melalui PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT). Alfamart kini memiliki lebih dari 19.000 gerai di Indonesia dan bahkan lebih dari 1.200 gerai di Filipina.  

9. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

Lim Hariyanto Wijaya Sarwono dan keluarganya merupakan pemilik Grup Harita, dan saham mayoritas di perusahaan produsen minyak kelapa sawit yang melantai di bursa Singapura, Bumitama Agri dengan total kekayaan US$3,8 miliar.

Harita Grup milik keluarga Lim Hariyanto juga bergerak di sektor tambang bauksit melalui PT Cita Mineral Investindo, dan nikel melalui PT Trimegah Bangun Persada Tbk. (NCKL).

10. Dewi Kam

Dewi Kam merupakan pengusaha perempuan Indonesia yang sukses masuk ke dalam jajaran orang terkaya nomor 10 di Indonesia versi Forbes dengan total kekayaan US$3,5 miliar. Dewi Kam merupakan pemilik perusahaan PT Sumbergas Sakti Prima yang menguasai 91 persen saham PT Sumber Energi Sakti Prima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper