Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Singapura dan GPF Kompak Lepas GOTO, Saham Ditargetkan Naik ke Rp150

Analis merekomendasikan beli untuk saham GOTO dengan target harga Rp150 per saham kendati sahamnya terus dilepas Pemerintah Singapura dan GPF.
Komisaris Utama PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) Garibaldi Boy Thohir menyampaikan harapannya dalam penawaran umum saham perdana ke publik atau IPO GoTo, Selasa (15/3/2022).
Komisaris Utama PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) Garibaldi Boy Thohir menyampaikan harapannya dalam penawaran umum saham perdana ke publik atau IPO GoTo, Selasa (15/3/2022).

Bisnis.com, JAKARTA - Citibank Singapore S/A Governement of Singapore melepas kepemilikannya pada saham GOTO sebanyak 274,65 juta saham. Analis merekomendasikan beli untuk saham GOTO dengan target harga Rp150 per saham. 

Dalam laporan pemegang saham KSEI, Jumat (5/5/2023), Citibank melepas sebanyak 274,65 juta saham GOTO, yang membuat kepemilikan saham Citibank di GOTO berkurang menjadi 64,01 miliar saham atau setara 5,41 persen, dari 64,29 miliar atau 5,43 persen saham. 

Selain Citibank, Goto Peopleverse Fund juga melakukan pelepasan saham GOTO sebanyak 68,73 juta saham. Pelepasan ini membuat saham GOTO berkurang menjadi 77,15 miliar saham atau setara 6,51 persen, dari 77,22 miliar saham atau 6,52 persen kepemilikan. 

Analis Ciptadana Sekuritas Gani dalam risetnya menyebutkan membalikkan kontribusi margin menjadi positif dan mengurangi kerugian EBITDA pada kuartal I/2023, GOTO berada dalam jalur yang tepat untuk meraih breakeven EBITDA yang disesuaikan pada kuartal IV/2023. 

Dia menjelaskan pada 2023 fokus investasi GOTO akan berpusat ke logistik dan fulfillment center, serta ke pinjaman fintech. Menurut Gani, fokus di sektor logistik sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya pengiriman. 

"Menurut GOTO, hasil awal menunjukkan biaya pengiriman keesokan harinya dapat dikurangi hingga 30 persen. Tujuan utama adalah memberikan layanan yang lebih baik dengan biaya yang lebih rendah secara struktural, yang dapat menjadi keuntungan jangka panjang bagi GOTO," kata Gani.

Dia melanjutkan, GOTO telah memisahkan unit fulfillment Tokopedia dan unit pengiriman e-commerce same-day Gojek dan menggabungkan keduanya ke dalam GoTo Logistik yang baru. Hal ini menjadikan segmen logistik sebagai segmen pelaporan terpisah yang dimulai pada kuartal I/2023. 

Sementara itu, pada pinjaman konsumen fintech, bisnis GOTO dianggap bisnis yang menguntungkan, yang akan memberikan pertumbuhan serta profitabilitas yang kuat. 

"Menyediakan pembiayaan sebagai opsi pembayaran juga dapat meningkatkan loyalitas konsumen, karena GOTO menunjukkan bahwa konsumen yang menggunakan program cicilan membelanjakan 25 persen lebih banyak setelah pinjaman pertama," tuturnya.

GOTO melihat data tarik yang kuat dengan pinjaman saat ini yang tumbuh sekitar Rp831 miliar, tumbuh 40 persen quarter on quarter (qoq). GOTO sangat menyadari risiko dari produk tersebut dan terus meningkatkan model credit scoring-nya, dengan melepaskan kemampuan big data-nya. 

Adapun Ciptadana Sekuritas merekomendasikan beli saham GOTO dengan target harga atau target price (TP) sebesar Rp150 per saham. Valuasi baru ini menyertakan bisnis logistik sebagai unit terpisah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper