Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan CLEO Naik 14 Persen per Kuartal I/2023, Laba Melesat 32 Persen

Laba bersih Sariguna Primatirta (CLEO) tercatat meningkat 32 persen YoY menjadi sebesar Rp60,58 miliar pada kuartal I/2023.
PT Sariguna Primatirta/Istimewa
PT Sariguna Primatirta/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten produsen air minum dalam kemasan (AMDK) milik konglomerat Hermanto Tanoko PT Sariguna Primatirta Tbk. (CLEO) membukukan kenaikan penjualan dan laba sepanjang kuartal I/2023.

Perusahaan dengan nama lain Tanobel Food itu mencatatkan penjualan sebesar Rp350,54 miliar pada kuartal I/2023, meningkat 14 persen year-on-year (YoY) dibandingkan dengan Rp307,67 miliar di periode yang sama tahun sebelumnya.

Seiring dengan kenaikan penjualan, laba bersih CLEO tercatat meningkat 32 persen YoY menjadi sebesar Rp60,58 miliar dari Rp45,76 miliar pada periode sama tahun lalu. 

“Kami melihat bahwa kondisi pasar makin baik dan harga bahan baku terlihat mulai stabil pada kuartal pertama 2023. Dengan dukungan dari sistem produksi terintegrasi kami dan peningkatan terus-menerus yang kami terapkan pada kinerja operasional Perusahaan, kami telah mencapai hasil yang luar biasa pada kuartal pertama 2023,” kata Wakil Direktur Utama CLEO Melisa Patricia dalam siaran pers, dikutip Rabu (3/5/2023).

Melisa melihat permintaan air minum cenderung terus meningkat setiap tahunnya. CLEO melihat peningkatan cukup pesat pada produk dengan kemasan botol seiring dengan normalisasi kegiatan masyarakat di luar ruangan yang makin banyak, seperti konser, perlombaan, dan sebagainya.

Faktor tersebut membuat kontribusi produk botol terhadap penjualan meningkat menjadi 54 persen pada kuartaI/2023 dibandingkan dengan kontribusi periode yang sama tahun lalu sebesar 48 persen.

CLEO tercatat membidik kenaikan penjualan sebesar 30 persen pada 2023. Target ini sejalan dengan prospek konsumsi AMDK yang diperkirakan meningkat karena normalisasi mobilitas masyarakat.

CLEO mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp300 miliar pada 2023. Dana tersebut akan digunakan untuk melanjutkan ekspansi pabrik dan jaringan distribusi sehingga mengerek penjualan.

Sebagaimana diketahui, CLEO akan membangun tiga pabrik baru yang berlokasi di Lampung, Manado dan Pekanbaru pada 2023. Tambahan tiga pabrik itu akan membuat kapasitas produksi naik 33 persen sehingga menjadi 5,3 miliar liter per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper