Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Emiten Resto Gokana (ENAK) Berbalik Laba Rp62,3 Miliar pada 2022

Emiten restoran, PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK) mencetak rekor penjualan baru pada 2022 sehingga membukukan laba bersih.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 31 Maret 2023  |  11:13 WIB
Emiten Resto Gokana (ENAK) Berbalik Laba Rp62,3 Miliar pada 2022
Emiten restoran, PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK) mencetak rekor penjualan baru pada 2022 sehingga membukukan laba bersih.

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten resto, PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK) mencetak rekor penjualan baru pada 2022 dan membukukan laba bersih dari sebelumnya rugi.

Emiten yang memiliki dan mengelola enam brand restoran di Indonesia yakni Gokana, Raa Cha, Monsieur Spoon, Platinum, BMK dan Chopstix, mencatat rekor penjualan bersih senilai Rp1,26 triliun pada 2022 atau tumbuh sebesar 60,3 persen dibandingkan dengan 2021.

Chief Financial Officer Champ Resto Indonesia Christopher Supit menerangkan angka ini merupakan rekor tertinggi ENAK selama periode pandemi, bahkan 16,4 persen lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi pre-pandemi pada tahun 2019, walaupun dengan masih merebaknya Omicron pada kuartal pertama 2022 lalu.

“Selain penjualan yang bertumbuh, kami juga mencatat pertumbuhan EBITDA sebesar 34,7 persen dari Rp 198 miliar di 2021 menjadi Rp 266,6 miliar di tahun 2022, terlepas dari adanya tekanan inflasi global sepanjang 2022,” ungkapnya dalam keterangan, Jumat (31/3/2023).

Keberhasilan kinerja ENAK pada 2022 didukung oleh keputusan tepat manajemen tetap melanjutkan ekspansi secara masif walaupun masih dalam masa pandemi.

“Kami tetap melanjutkan ekspansi outlet sepanjang 2022, di mana kami membuka total 35 outlet baru,” jelas Christopher.

Chief Operating Officer Champ Resto Indonesia Hade Mboi mengatakan hal ini sejalan dengan rencana manajemen yang telah diungkapkan pada saat persiapan IPO tahun lalu untuk melanjutkan ekspansi.

Pertumbuhan penjualan ini juga berhasil membalik laba bersih ENAK, dari negatif di tahun 2021, menjadi Rp62,3 miliar pada 2022, yang mana membuktikan bahwa kinerja emiten ini terus bertumbuh dengan baik. 

“Kami optimis bahwa momentum peningkatan performa perusahaan akan berlanjut di tahun 2023,” tambah Hade.

Tahun ini, ENAK akan menambah sub-brand baru untuk memperkuat positioning brand yang telah ada. ENAK telah menandatangani lebih dari 40 kontrak untuk pembukaan outlet baru.

Fokus utama perseroan masih dengan pengembangan Gokana, Raa Cha dan Monsieur Spoon. Mirip dengan 2022, opening Gokana dan Raa Cha lebih banyak berfokus ke daerah suburban dan luar Jabodetabek, bahkan luar pulau Jawa.

“Di tahun 2023 ini kami berencana untuk masuk ke kota–kota baru di Jawa dan Sumatera, seperti Palembang, Lampung, Bengkulu, dan Pekanbaru,” kata Hade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten Champ Resto Indonesia restoran emiten restoran
Editor : Hafiyyan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top