Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waskita (WSKT) Siapkan Tol Baru jelang Arus Mudik Lebaran

Grup Waskita (WSKT), PT Waskita Toll Road (WTR), akan mengoperasikan tiga ruas jalan tol baru untuk mendukung arus mudik Lebaran 2023.
Grup Waskita (WSKT), PT Waskita Toll Road (WTR), akan mengoperasikan tiga ruas jalan tol baru untuk mendukung arus mudik Lebaran 2023. /wtr.co.id
Grup Waskita (WSKT), PT Waskita Toll Road (WTR), akan mengoperasikan tiga ruas jalan tol baru untuk mendukung arus mudik Lebaran 2023. /wtr.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten BUMN Karya PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT), melalui entitas usahanya PT Waskita Toll Road (WTR), akan mengoperasikan tiga ruas jalan tol baru untuk mendukung arus mudik Lebaran 2023.

Ruas tol tersebut di antaranya adalah seksi Cigombong-Cibadak pada Ruas Tol Bocimi dan seksi Probolinggo Timur-Gending pada Ruas Tol Pasuruan-Probolinggo yang akan resmi beroperasi pada 2023. 

Sekretaris Perusahaan Waskita Toll Road Alex Siwu menjelaskan, menjelang Idulfitri 2023, pihaknya tengah fokus dalam penyelesaian konstruksi sejumlah ruas tol yang rencananya akan dioperasikan secara fungsional untuk melancarkan arus lalu lintas selama pekan mudik Lebaran. 

"Saat ini tengah dilakukan sejumlah persiapan pada kedua ruas tol tersebut, di antaranya pemasangan rambu-rambu lalu lintas serta penyiagaan petugas di sepanjang jalan tol," katanya kepada Bisnis, Kamis (2/3/2023).

Selain itu, Alex menuturkan, pada akhir Februari 2023, Waskita Toll Road melalui entitas usahanya telah resmi mengoperasikan Junction Wringinanom Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) sehingga kini Jalan Tol KLBM tersambung dengan Ruas Tol Surabaya - Mojokerto (Sumo) bagian dari Jalan Tol Trans Jawa. 

Akses tersebut resmi beroperasi dengan tarif dan dapat digunakan oleh umum mulai Rabu (22/2/2023) pukul 06.00 WIB. Pemberlakuan tarif tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri PUPR tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Ramp 2, 4, 5, dan 8 Junction Wringinanom Jalan Tol KLBM.

Besaran tarif dari Junction Wringinanom menuju Lebani Gresik dan sebaliknya sebesar Rp5.500 untuk Golongan I; Rp8.500 untuk Golongan II dan Golongan III; dan Rp11.500 untuk Golongan IV dan Golongan V. Junction Wringinanom menuju Belahanrejo dan sebaliknya sebesar Rp10.500 untuk Golongan I; Rp15.500 Golongan II dan Golongan III; dan Rp21.000 untuk Golongan IV dan Golongan V.

Junction Wringinanom menuju Belahanrejo dan sebaliknya sebesar Rp10.500 untuk Golongan I; Rp15.500 Golongan II dan Golongan III; dan Rp21.000 untuk Golongan IV dan Golongan V.

Sementara itu, Junction Wringinanom menuju Cerme dan sebaliknya sebesar Rp32.000 untuk Golongan I; Rp48.000 untuk Golongan II dan Golongan III; dan Rp64.000 untuk jenis kendaraan Golongan IV dan Golongan V. 

Junction Wringinanom menuju Bunder dan sebaliknya sebesar Rp42.000 untuk Golongan I; Rp63.000 untuk Golongan II dan Golongan III; dan Rp84.000 untuk Golongan IV dan Golongan V.

"Diharapkan pengoperasian ruas-ruas tol tersebut dapat memberikan kontribusi terhadap kelancaran, keamanan, dan kenyamanan para pelaku mudik," ujar Alex.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper