Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waskita (WSKT) Targetkan Tol Bocimi Seksi 2 Bertarif Mei 2023

Waskita Karya (WSKT) menargetkan jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 2 dapat beroperasi secara komersial pada Mei 2023.
Jalan tol Bogor–Ciawi–Sukabumi (Bocimi) di Jawa Barat./Jasa Marga
Jalan tol Bogor–Ciawi–Sukabumi (Bocimi) di Jawa Barat./Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA — PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) menargetkan jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi 2 dapat beroperasi secara komersial pada Mei 2023. Dengan demikian, para pengguna jalan tol tersebut akan mulai dikenakan tarif mulai Mei 2023.

SVP Corporate Secretary Waskita, Ermy Puspa Yunita, mengatakan ruas tol Bocimi seksi 2 sedang dalam proses penyelesaian dan ditargetkan dapat mulai dikenakan tarif pada Mei 2023. Adapun, ruas Bocimi seksi 2 memiliki panjang sekitar 12 kilometer dari Cigombong menuju Parung Kuda (Cibadak).

“Diharapkan pada libur Lebaran dapat dioperasikan secara fungsional dan ditargetkan beroperasi dengan bertarif pada bulan Mei 2023,” ujar Ermy kepada Bisnis, Senin (27/2/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan seksi 3 Bocimi ditargetkan dapat selesai pada 2025. Ruas tol tersebut memiliki panjang 13,7 kilometer dari Cibadak sampai Sukabumi Barat.

Ermy enggan menyebut berapa dana yang digelontorkan untuk penyelesaian ruas Bocimi seksi 2. Dia juga enggan membeberkan mengenai opsi pendanaan proyek tersebut.

Dia hanya menyebut PT Trans Jabar Tol (TJT) telah mendapat mendapatkan alokasi penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp527 miliar pada 2021. Dana tersebut dialokasikan untuk pembangunan Jalan Tol Ciawi Sukabumi seksi 2 Cigombong – Cibadak.

“Kami hanya bisa menjawab sebatas itu ya,” tuturnya.

Berdasarkan Bukti Setor Pembayaran Setoran Modal pada 24 Mei 2022, TJT yang merupakan anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR) juga telah melakukan peningkatan modal ditempatkan dan disetor sebesar Rp6,82 miliar, atau sejumlah 13.646 saham pada Mei 2022. Seluruh saham tersebut kemudian diambil oleh WTR.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan Waskita Toll Road, Alex Siwu, menjelaskan progres konstruksi Jalan Tol Bogor Ciawi-Sukabumi sudah mencapai 96 persen.

“Akan disiapkan untuk beroperasi fungsional saat periode Idul Fitri 2023,” kata Alex kepada Bisnis, Senin (20/2/2023).

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, mengatakan Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan yang didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol baru.

Hedi mengatakan jalan tol yang siap fungsional saat Lebaran 2023 ini memiliki jarak yang pendek, tetapi sifatnya menyambungkan sehingga perannya sangat penting. Salah satu ruas yang ditargetkan beroperasi fungsional saat arus mudik lebaran ialah Tol Ciawi – Sukabumi Seksi 2 (Cigombong – Cibadak) sepanjang 11,90 km. 

“Lebaran InshaAllah Tol Ciawi – Sukabumi akan dibuka sampai Cibadak. Sebenarnya ada PMN sampai Sukabumi Barat, tetapi tidak akan selesai di lebaran ini, semoga pada akhir tahun sudah selesai. Tetapi sampai di Cibadak pun kita sudah banyak melewati titik kemacetan yang luar biasa,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper