Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Alumni Taxi Express (TAXI) pada IPO PT TKDN (TRON), Siapa Saja?

Terdapat beberapa pengurus Teknologi Karya Digital Nusa (TRON) yang merupakan mantan direksi PT Express Transindo Utama Tbk. (TAXI).
Salah satu teknologi canggih besutan PT Teknologi Karya Digital Nusa (PT TKDN) pada bus/Dok.PT TKDN.
Salah satu teknologi canggih besutan PT Teknologi Karya Digital Nusa (PT TKDN) pada bus/Dok.PT TKDN.

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan penyedia solusi sistem informasi smart city PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk. (TRON) atau PT TKDN berencana melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). Dalam prospektusnya, TRON menuturkan terdapat beberapa pengurus yang merupakan mantan direksi PT Express Transindo Utama Tbk. (TAXI).

Berdasarkan prospektusnya, kepemilikan saham TRON sebesar 99,8 persen dimiliki oleh PT Daya Kemilau Nusantara Investama, sebesar 0,14 persen oleh David Santoso, dan 0,06 persen oleh Rudy Budiman Setiawan. David merupakan Direktur Utama TRON, sementara Rudy adalah Direktur TRON.

Dalam penelusuran Bisnis, David Santoso sebelumnya pernah menjadi Chief Financial Officer (CFO) pada PT Express Transindo Utama Tbk. (TAXI) atau pengelola Taxi Express pada 2007-2015, dan menjadi Commercial and Business Development Officer TAXI pada Oktober 2015-Desember 2016. 

David merupakan salah satu Direktur TAXI yang mengajukan pengunduran diri beramai-ramai pada 2016. Kala itu, dua direksi dan empat komisaris TAXI melakukan pengunduran diri. 

Sama seperti David, Rudy Budiman Setiawan juga sebelumnya pernah bekerja di TAXI sebagai Senior General Manager-Finance Accounting and Tax pada 2007-2017. 

Selain David dan Rudy, beberapa pengurus lain di TRON juga merupakan mantan pengurus TAXI, yakni Muhammad Arif Hartanto, Dwi Afrilianto, Herwan Gozali, dan Wendy Jolanda Waas. Arif dan Dwi saat ini merupakan anggota komite audit TRON.

Sementara itu, Herwan Gozali yang merupakan mantan Chief Operations Officer TAXI 1999-2016, merupakan anggota komite nominasi dan remunerasi TRON. Adapun Wendy Jolanda Waas merupakan GM of Commercial di TAXI pada 2017-2018, dan saat ini merupakan Sekretaris Perusahaan TRON. 

Pada IPO ini, TRON akan menawarkan 750 juta saham atau sebanyak-banyaknya 25,42 persen dengan nilai nominal Rp20 setiap saham, dengan harga penawaran sebesar Rp140-Rp220 setiap saham. Dengan jumlah saham dan nilai penawaran umum tersebut, TRON diperkirakan mampu meraih dana sebanyak-banyaknya Rp165 miliar dari penawaran umum ini. 

Rencananya, dana hasil IPO ini akan digunakan TRON sebesar 30 persen untuk belanja modal dalam bentuk penambahan area operasional yang berlokasi di Jawa Barat. 

Sementara itu, sisanya akan digunakan untuk modal kerja yang terdiri dari biaya operasional proyek pekerjaan pengembangan smart city dan business solution provider dalam aspek transportasi di berbagai kota di Indonesia, biaya tenaga kerja dan pembelian bahan baku produk, serta pengembangan segmen distribusi penjualan produk dan layanan melalui jalur business to business (B2B) dan business to consumer (B2C).

Masa penawaran umum saham TRON akan berlangsung pada 28 Februari 2023 hingga 3 Maret 2023. Sementara itu, tanggal pencatatan akan berlangsung pada 7 Maret 2023. 

Adapun, bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek dalam pencatatan saham TRON adalah SF Sekuritas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper