Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Market: Aksi Borong Saham BUMI Lanjut, Sedikit Lagi IHSG Balik ke 7.000

Berita soal aksi borong saham BUMI hingga pergerakan IHSG menjadi berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com pada Selasa (7/2/2023).
Karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu kantor perusahaan sekuritas di Jakarta, Kamis (12/1/2023). Bisnis/Suselo Jati
Karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu kantor perusahaan sekuritas di Jakarta, Kamis (12/1/2023). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA - Para investor pasar modal mencermati perkembangan berita mengenai aksi borong saham PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS) dan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang diprediksi segera kembali ke level 7.000 sepanjang hari kemarin.

Berikut daftar berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com pada Selasa (7/2/2023):

1. Aksi Borong Saham Bumi Resources Minerals (BRMS) Berlanjut

Emiten pertambangan logam yang terafiliasi dengan Grup Bakrie dan Grup Salim, PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS), masih berlanjut pada periode berjalan Februari 2023. Harga saham BRMS parkir di zona merah dengan koreksi 1,12 persen ke level Rp177 pada akhir perdagangan Senin (6/2/2023).

Namun, posisi itu masih mencerminkan kenaikan 11,32 persen year-to-date (ytd). Investor asing terpantau masih memborong saham BRMS. Kondisi itu tecermin dari rapor net buy atau beli bersih untuk periode berjalan 2023 senilai Rp49,88 miliar.

Berdasarkan penelusuran Tim Bisnis.com, sejumlah nama investor kakap yang sebelumnya telah memegang saham BRMS memang masih getol melakukan aksi beli hingga memasuki Februari 2023. 

2. Sedikit Lagi IHSG Balik ke 7.000 Berkat Ditopang BBCA, GOTO dan BBRI

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan, Selasa (7/2/2023). Adapun saham BBCA, BBRI, BMRI, dan GOTO paling laris diperdagangkan.

Berdasarkan data RTI pukul 15.01 WIB, IHSG ditutup menguat 0,89 persen atau naik 61,51 poin ke level 6.935,3. Sepanjang perdagangan IHSG bergerak pada rentang 6.886,5 hingga 6.946. Terdapat 272 saham menguat, 245 saham melemah, dan 208 saham stagnan. Kapitalisasi pasar tercatat mencapai Rp9.584 triliun.

3. Prospek di Balik Terus Melesatnya Saham WIR Asia (WIRG)

Memasuki pekan kedua Februari 2023, emiten metaverse PT WIRG Asia Tbk. (WIRG) terus mengantongi kenaikan harga saham. Tren penguatan tersebut sejalan dengan ramalan kinerja keuangan yang diproyeksi bakal mencuat tahun ini.

Hingga jeda perdagangan Selasa (7/2023), saham WIRG tercatat menguat 3,8 persen ke level Rp191 dari posisi penutupan kemarin Rp184. Posisi itu mewakili kenaikan 13,02 persen dalam sepekan. Adapun, secara year-to-date (ytd) penguatannya mencapai 55,28 persen.

4. Rekomendasi Saham dan Pergerakan IHSG 7 Februari 2023

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan melanjutkan koreksi dan bergerak di rentang 6.753 hingga 6.969 pada perdagangan Selasa (7/2/2023).

Analis RHB Sekuritas Muhammad Wafi menyebutkan IHSG terlihat melakukan pola koreksi meski dengan volume rendah untuk menguji support garis MA50 dan mulai masuk ke fase sideways channel di antara support garis MA50 dan resistance garis MA100.

5. Mereka yang Curi Start Koleksi Saham ESSA Jelang Aksi Boy Thohir

Sejumlah investor pemegang saham existing PT Surya Esa Perkasa Tbk. (ESSA) bermanuver jelang eksekusi rencana penambahan modal perseroan. Surya Esa Perkasa berencana untuk melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement.

Private placement yang dirancang oleh Surya Esa Perkasa bertujuan untuk meningkatkan kepemilikan di anak usaha perseroan. Aksi korporasi itu akan dilaksanakan setelah mendapat lampu hijau dari rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper