Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkuat Kinerja Oprasional, Samudera Indonesia Targetkan Beli 10 Armada Kapal di 2023

PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) menargetkan membeli 5 sampai dengan 10 armada kapal di tahun 2023 sebagai upaya memperkuat kinerja oprasional.
Armada PT Samudera Indonesia Tbk./samudera.id
Armada PT Samudera Indonesia Tbk./samudera.id

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten pelayaran PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) terus menggulirkan strategi penambahan armada kapal demi memperkuat kinerja oprasional pada tahun 2023.

Direktur Utama SMDR Bani M. Mulia mengatakan perseroan menargetkan pembelian sebanyak 5 hingga 10 kapal pada 2023, seiring dengan perseroan telah mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure sebesar US$150 juta atau setara Rp2.247.140.513.696 (asumsi US$ 1 dollar setara Rp14.976) di tahun 2023 ini.

“Rencana tambahan kapal dalam tahun 2023 kisaran antara 5-10 kapal, kita akan melihat momentum yg tepat untuk pembelian kapal, capex 2023 dianggarkan US$150 juta,” kata Bani kepada Bisnis, Rabu (25/1/2023).

Bani menyebut, hingga kuartal I perseroan memproyeksikan akan merealisasikan pembelian dua kapal. Menurut dia satu kapal sudah diterima pada Januari 2023 ini.

“Bulan maret nanti kami akan ada 1 kapal lagi diluncurkan di Jepang,” katanya.

Lebih lanjut, Bani mengatakan perseroan akan mengkombinasikan kas perusahaan hingga kredit pembiayaan untuk capex SMDR tahun ini. Namun dia belum memperinci sumber dana capex perseroan tahun ini.

Bani menyebut, perseroan memiliki neraca keuangan atau balance sheet kuat, sehingga opsi pembiayaan perseroan semakin banyak.

“Karena balance sheet kami kuat, maka financing kami juga banyak pilihan,” katanya.

Sebelumnya, dalam catatan Bisnis, SMDR telah melakukan pembelian tiga armada kapal baru pada kuartal VI/2022.

Tiga kapal yang sudah dipersiapkan SMDR yaitu kapal chemical tank bernama Sinar Mendawai berkapasitas 20.000 ton. Kedua kapal Sinar Sanur berkapasitas 28.450 ton. Terakhir, Sinar Kintamani yang dibeli pada Januari 2023.

Bani M. Mulia mengatakan ketika itu, jika SMDR akan meluncurkan kapal baru di Jepang pada Selasa 6 Desember 2022.

“Iya betul. Saat ini saya sedang di Jepang akan meluncurkan satu kapal disini, hari Selasa. Akhir bulan Desember akan luncurkan satu kapal lagi,” katanya menjawab pertanyaan Bisnis.com, Minggu (4/12/2022).

Bani juga mengungkapkan jika kapal-kapal lama akan secara bertahap diremajakan. “Beberapa kapal yang sudah masuk jadwalnya akan dijual atau discrap.”

Sebelumnya, pada RUPBLS SMDR 9 November lalu, Bani pihaknya melihat banyak peluang ekspansi bagi SMDR, namun tetap harus hati-hati dan cermat dalam melihatnya. Peluang ekspansi tersebut adalah menambah exposure di jalur Middle East, India, dan Malaysia.

“Tentunya, kami hati-hati dalam melihat peluang dan mengambil momentum yang tepat untuk menambah exposure. Meskipun freight rate dunia sedang turun, tren tersebut tidak bisa membuktikan industri pelayaran tidak cerah,” katanya dalam konferensi pers RUPSLB, Rabu (9/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper