Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Multi Medika (MMIX) Bidik Rp150 Miliar dari Penjualan Masker BT21

PT Multi Medika Internasional Tbk. (MMIX), membidik kenaikan penjualan di kuartal IV/2022 dan kuartal I/2023 maksimal 15 persen berkat produk masker BT21
Karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu kantor perusahaan sekuritas di Jakarta, Kamis (12/1/2023). Bisnis/Suselo Jati
Karyawan mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu kantor perusahaan sekuritas di Jakarta, Kamis (12/1/2023). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten pemegang hak intellectual property (IP) Korea Selatan BT21 dan Tiny Tan, PT Multi Medika Internasional Tbk. (MMIX), membidik kenaikan penjualan di kuartal IV/2022 dan kuartal I/2023 maksimal 15 persen, seiring dengan peluncuran produk masker kolaborasi BT21.

Direktur Utama Multi Medika Internasional Mengky Mangarek mengatakan kolaborasi dengan BT21 tidak hanya menambah kesan eksklusif pada masker, tetapi berpotensi memperluas jangkauan pemakaian di kalangan Gen Z.

“Dengan ide menambah patch pada masker, diharapkan penjualan Multi Medika Internasional akan bertumbuh di kuartal keempat 2022 dan kuartal pertama 2023 sehingga menjadi Rp85 miliar sampai Rp150 miliar dari masker fashionable itu,” kata Mengky dalam siaran pers, Rabu (25/1/2023).

Mengky mengemukakan bahwa kolaborasi dengan pemilik IP terkemuka merupakan salah satu strategi perusahaan untuk meningkatkan brand awareness, sekaligus memperkuat posisi MMI sebagai pemain utama di produk alat kesehatan dan industri FMCG. 

“Kami tidak hanya berhenti pada masker, karena kebutuhan masker berpotensi turun di 2023 seiring dengan penurunan kasus Covid-19. Kami akan memulai produk FMCG dengan kerja sama IP internasional maupun Korea Selatan,” kata dia.

Mengky mengatakan penggunaan IP berkontribusi positif pada kinerja penjualan, dengan kontribusi kenaikan mencapai 10—15 persen daripada tahun sebelumnya.

Untuk 2023, MMIX telah menyiapkan kolaborasi IP dengan deretan produk yang akan dipasarkan seperti tisu basah, produk perawatan kulit, serta makanan dan minuman.

“Produk-produk lainnya akan segera dikeluarkan perusahaan di pertengahan 2023,” kata dia.

MMIX merupakan perusahaan pendatang baru yang IPO sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 6 Desember 2022. MMIX menawarkan 600 juta saham dengan harga Rp190 sehingga berhasil menghimpun Rp114 miliar.

Multi Medika International tercatat membukukan penjualan sebesar Rp1,48 miliar pada 2020. Namun kemudian naik 12.163 persen menjadi Rp181,84 miliar pada 2021. Performa ini ditopang oleh permintaan alat kesehatan pada awal pandemi.

Per Mei 2022, MMIX mengakumulasi penjualan sebesar Rp82,12 miliar, tumbuh 102,89 persen dibandingkan dengan Januari—Mei 2021 sebesar Rp40,47 miliar. Sejalan dengan kenaikan penjualan tersebut, MMIX menjalin kemitraan dengan Alfamart dan Indomaret untuk penyediaan masker.

MMIX kemudian menandatangani lisensi eksklusif dengan Warner Bros dan Line Friends untuk pemasaran produk masker dengan karakter dua pemberi hak tersebut, di antaranya adalah karakter BT21.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper