Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

General Atlantic Mau Jual Saham MAP Boga (MAPB), Dampak ke Starbucks?

MAP Boga (MAPB) berpotensi menggaet investor potensial yang akan memberikan dukungan jangka panjang.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 24 Januari 2023  |  19:56 WIB
General Atlantic Mau Jual Saham MAP Boga (MAPB), Dampak ke Starbucks?
Suasana gerai Starbuks yang dikelola PT MAP Boga Adiperkasa Tbk. - starbucks.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan ekuitas asal Amerika Serikat General Atlantic berencana melepas kepemilikannya atas saham PT MAP Boga Adiperkasa Tbk. (MAPB).

Rencana divestasi ini terungkap dalam keterbukaan informasi yang dipublikasi hari ini, Selasa (24/1/2023). Melalui entitasnya yang berbasis di Singapura GA Robusta F&B Company Ltd, General Atlantic akan melelang sebagian atau seluruh sahamnya di perusahaan pengelola jaringan sandwich Subway dan starbucks itu. 

General Atlantic kini menggenggam 421,16 juta saham MAPB atau setara 19,4 persen. Mereka juga memiliki efek bersifat ekuitas lainnya yang dapat ditukarkan dengan kepemilikan saham.

Rencana General Atlantic itu disambut kooperatif oleh MAPB. Manajemen mengemukakan bahwa General Atlantic bermaksud untuk menjual baik sebagian atau seluruhnya efek dengan cara tender atau lelang yang dilakukan melalui mekanisme penawaran terbatas yang bersifat privat (private placement). Penawaran ini akan menyasar pihak-pihak tertentu, baik di dalam negeri maupun luar negeri, yang ditunjuk oleh General Atlantic.

“Sehubungan dengan rencana private placement, General Atlantic telah meminta bantuan MAPB dengan ruang lingkup bantuan kepada Grup General Atlantic sebagaimana tercantum dalam Surat Permintaan Asistensi,” tulis manajemen MAPB.

MAPB juga meyakini bahwa transaksi tersebut bisa menguntungkan mereka. Sebab, aksi tersebut bisa membuat MAP Boga menggaet investor potensial yang akan memberikan dukungan jangka panjang.

“Perseroan mengharapkan pelaksanaan rencana private placement tersebut akan berdampak positif, bukan saja kepada perseroan tapi juga kepada bursa dan pemegang saham publik,” lanjut MAPB.

MAPB belum memperinci harga saham yang akan dilepas General Atlantic. Namun dengan asumsi mahar berada di posisi harga penutupan hari ini Rp2.390, nilai transaksi bisa menembus Rp1 triliun dan berpotensi lebih besar jika General Atlantic juga melepas efek lainnya yang bersifat ekuitas.

Nama General Atlantic belum lama ini mengemuka lewat investasi strategisnya di produsen susu PT Cisarua Mountain Dairy Tbk. (CMRY).

General Atlantic menginvestasikan dana sebesar US$130 juta atau setara dengan Rp2,02 triliun (kurs Jisdor Bank Indonesia 10 Januari 2022 Rp15.589) yang setara dengan 5,64 persen kepemilikan saham CMRY. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

general atlantic Map Boga Adiperkasa subway starbucks
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top