Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Crazy Rich Hermanto Tanoko Janji Bawa Satu Perusahaanya IPO Lagi

Crazy rich Hermanto Tanoko mengungkap rencananya untuk memboyong lebih banyak perusahaan Grup Tancorp untuk IPO.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 24 Januari 2023  |  12:04 WIB
Crazy Rich Hermanto Tanoko Janji Bawa Satu Perusahaanya IPO Lagi
Crazy rich Hermanto Tanoko mengungkap rencananya untuk memboyong lebih banyak perusahaan Grup Tancorp untuk menggalang dana lewat penawaran umum perdana saham atauinitial public offering(IPO). - Bisnis/Iim Fathimah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Crazy rich Hermanto Tanoko mengungkap rencananya untuk memboyong lebih banyak perusahaan Grup Tancorp untuk menggalang dana lewat penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Terbaru, Grup Tancorp mengusung PT Penta Valent Tbk. (PEVE). Perusahaan distribusi alat kesehatan itu menjadi perusahaan tercatat ketujuh dari Grup Tancorp.

PEVE melantai pada Selasa (24/1/2023) dan menawarkan 353,12 juta saham di harga Rp149 sehingga berhasil menghimpun dana IPO Rp52,61 miliar. Di hari pertamanya di Bursa, saham PEVE bergerak menyentuh auto reject atas (ARA) dengan kenaikan 34,23 persen ke posisi Rp200.

Kepemilikan saham PEVE oleh Hermanto Tanoko sendiri direpresentasikan oleh PT Tancorp Mega Buana yang menggenggam 712,50 juta saham PEVE atau setara dengan 40,35 persen.

Berkaitan dengan rencana untuk membawa perusahaan dalam Grup Tancorp untuk IPO, Hermanto Tanoko yang juga menjabat sebagai Komisaris Utama Penta Valent memberi sinyal akan kembali melakukan aksi penggalangan dana.

“Semoga ada satu lagi yang melantai. Dalam enam tahun sendiri sudah ada tujuh yang menjadi perusahaan terbuka,” kata Hermanto saat ditemui di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Sebelum PEVE, perusahaan terakhir Grup Tancorp yang melaksanakan IPO adalah produsen cat PT Avia Avian Tbk. (AVIA). AVIA listing pada 8 Desember 2021 dan berhasil menghimpun Rp5,77 triliun dalam aksi korporasi itu.

Aksi korporasi lain yang dilakukan Grup Tancorp adalah akuisisi emiten keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk. (CAKK). Akuisisi tersebut membuat perusahaan Crazy Rich Surabaya itu menjadi pengendali baru CAKK.

PT Tancorp Bangun Indonesia (TBI) telah melakukan pembelian saham CAKK di pasar negosiasi dari PT Marissi Idola Sumber Sejahtera, Johan Silitonga, dan Luciana Sutanto pada 19 Oktober 2022.

Total saham yang dibeli adalah 662 juta lembar atau setara dengan 55 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor perusahaan. Saham tersebut dibeli di Harga Rp229 per lembar sehingga total transaksi akuisisi mencapai Rp151,59 miliar (Rp151.598.000.000). Sampai 31 Desember 2022, porsi kepemilikan TBI di CAKK mencapai 752,63 juta saham yang setara dengan 62,54 persen.

Hermanto juga membuka peluang untuk kembali mengakuisisi perusahaan yang prospektif. Hal ini tak lepas dari strategi Grup Tancorp untuk melanjutkan ekspansi meskipun terdapat bayang-bayang resesi pada perekonomian global.

“Di masa pandemi kami akan terus ekspansi dan ini adalah kesempatan untuk tumbuh. Untuk ekspansi, jika memang ada yang cocok pasti,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

crazy rich ipo Hermanto Tanoko
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top