Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Triniti Properti (TRIN) Akuisisi Aset di Lampung Senilai Rp43,53 Miliar Usai Rights Issue

Selain untuk membeli asset tanah di Lampung, PT Perintis Triniti Properti Tbk. (TRIN) juga mempergunakakan dana rights issue untuk bayar utang dan modal kerja.
Galeri penjualan proyek Marc Boulevard. Proyek yang berlokasi di Batam itu merupakan salah satu proyek andalan Triniti Properti./trinitiland.com
Galeri penjualan proyek Marc Boulevard. Proyek yang berlokasi di Batam itu merupakan salah satu proyek andalan Triniti Properti./trinitiland.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten properti PT Perintis Triniti Properti Tbk. (TRIN) melakukan pengambilalihan aset tanah seluas 98.018 meter persegi di Lampung usai pelaksanaan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue.

TRIN telah melakukan rights issue 147,79 juta saham senilai Rp133,01 miliar. Adapun sebesar Rp43,53 miliar digunakan untuk mengambil alih aset tanah seluas 98,01 meter persegi di Lampung.

Direktur Utama TRIN Ishak Chandra mengatakan terdapat sembilan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) yang luasnya mencapai 93.018 meter persegi. Sembilan sertifikat tersebut terletak di Kota Bandar Lampung, Kecamatan Tanjung Senang, Kelurahan Labuhan Dalam.

“Adapun pengambilalihan aset berupa tanah di Lampung seluas 93.018 meter persegi dengan cara inbreng tersebut senilai Rp 43,53 miliar,” ujar Ishak dalam keterbukaan informasi, Jumat (13/1/2023).

Secara rinci, pihak-pihak yang menerima saham TRIN adalah Drs. Mawardi menerima sebanyak 2,29 juta (2.297.707) saham, Jumino menerima sebanyak 1,05 juta (1.059.920) saham, Muhammad Kemal Dinata menerima sebanyak 9,23 juta (9.231.394), Nadya Raisya Setia Murti menerima sebanyak 34,61 juta (34.512.413), dan Paryan menerima sebanyak 1,27 juta (1.275.232) saham.

Akta tersebut mulai berlaku sejak penandatanganan tanggal 12 Januari 2023. Keuntungan yang diperoleh dari tanah di Lampung tersebut nantinya akan menjadi hak maupun beban daripada TRIN.

TRIN juga menyebut kejadian ini tidak berdampak negatif terhadap kondisi keuangan maupun kelangsungan perseroan.

TRIN melakukan rights issue 147,79 juta saham senilai Rp133,01 miliar usai mendapat restu mendapat restu dari para pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 20 Oktober 2022.

TRIN menerbitkan 147,79 juta saham baru Waran Seri II yang diterbitkan menyertai Saham Biasa Atas Nama hasil pelaksanaan HMETD. Adapun nominal yang ditetapkan adalah Rp10 per saham, dengan harga pelaksanaan Rp900 per saham.

Sebanyak Rp43,1 miliar dari dana rights issue akan digunakan untuk mengambil alih aset tanah seluas 193,4 meter persegi di Labuan Bajo milik PT Manggarai Anugerah Semesta (MAS). Nantinya TRIN akan mengambil alih aset dengan cara setoran modal dalam bentuk selain uang sejumlah 47,89 juta saham baru.

Kemudian sebesar Rp43,5 miliar telah digunakan untuk mengambil alih aset tanah seluas 98,01 meter persegi di Lampung. Nantinya TRIN melakukan pengalihan dengan cara setoran modal dalam bentuk selain uang kepada para pemilik tanah.

Sejumlah 2,29 juta saham akan disetor kepada Drs. Mawardi; 1,27 juta saham kepada Paryan; 1,05 juta saham kepada Jumino; 9,23 juta saham kepada Muhammad Kemal Dinata; dan 34,51 juta saham kepada Nadya Raisya Setia Murti. Jika dijumlahkan, maka sebanyak 48,37 juta saham akan disetor kepada para pemilik tanah.

Sebanyak Rp28,61 miliar akan digunakan untuk membayar utang jangka pendek kepada pihak-pihak terafiliasi yaitu Septian Starlin, Johanes L Andayaprana, Chandra, DR. Ir. Matius Yusuf, MM, MBA, dan Ishak Chandra.

Sisa dana rights issue nantinya akan digunakan untuk memperkuat modal kerja perseroan. Adapun modal kerja mencakup biaya operasional dan komitmen untuk pengembangan lahan di Lampung dan Labuan Bajo, jasa teknisi atas konsultasi bisnis, konsultan master planner, konsultan land, dan pengadaan berupa pengurukan lahan di Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper