Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

BEI Geser Saham GOTO dari Papan Utama ke New Economy, Apa Dampaknya?

Bursa Efek Indonesia (BEI) memasukkan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) bersama beberapa perusahaan lainnya dalam papan new economy.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 09 Desember 2022  |  11:30 WIB
BEI Geser Saham GOTO dari Papan Utama ke New Economy, Apa Dampaknya?
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis - Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) memasukkan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) bersama beberapa perusahaan lainnya dalam papan new economy.

Corporate Secretary GOTO R.A. Koesoemohadiani mengatakan GOTO mengapresiasi langkah BEI menghadirkan papan ekonomi baru untuk perusahaan-perusahaan yang mendorong pertumbuhan ekonomi digital, dengan menciptakan produk atau layanan inovatif yang meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi.

Dia melanjutkan papan ekonomi baru memiliki ketentuan dan status yang sama dengan papan utama, dengan beberapa kriteria tambahan.

"GOTO adalah sebagian dari kelompok emiten yang ditetapkan BEI untuk menjadi bagian papan ekonomi baru, karena kami sudah memenuhi kriteria di papan utama, dan papan ekonomi baru," ujar Koesoemohadiani, Jumat (9/12/2022).

Dia melanjutkan tidak ada perbedaan yang besar di antara kedua papan tersebut. Menurutnya, GOTO masih menjadi bagian dari indeks papan utama, karena perubahan ini pada dasarnya merupakan hal teknis.

"Perseroan akan terus fokus mendorong bisnis dan pertumbuhan berkelanjutan," ucapnya.

Sebelumnya, Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik menjelaskan papan ekonomi baru merupakan papan pencatatan yang setara dengan papan utama.

Perusahaan dapat tercatat di papan ini jika perusahaan memenuhi ketentuan tercatat di papan utama dan memiliki karakteristik khusus yang ditentukan oleh Bursa.

Beberapa karakteristik tersebut diantaranya adalah memiliki pertumbuhan pendapatan yang tinggi, menggunakan teknologi untuk menciptakan inovasi produk atau jasa yang meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi serta memiliki kemanfaatan sosial, serta masuk dalam bidang usaha yang ditetapkan oleh Bursa.

“Pada peluncurannya hari ini, sebanyak 3 emiten telah tercatat di papan new economy, yaitu PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) dan PT Global Digital Niaga Tbk (BELI),” ujar Jeffrey, Senin (5/12/2022).

Jeffrey melanjutkan, saham yang tercatat di papan new economy dapat diidentifikasi melalui listing type dan juga penyematan notasi khusus di belakang kode saham perusahaan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Goto GoTo Gojek Tokopedia bei saham
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top