Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Masuk MSCI Index Bareng GGRM, Cek Rekomendasi Saham BIPI

BIPI masuk ke dalam daftar perusahaan keuangan MSCI Inc kategori Small Cap Indexes List sehingga sahamnya berpotensi dilirik investor global.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 11 November 2022  |  08:38 WIB
Masuk MSCI Index Bareng GGRM, Cek Rekomendasi Saham BIPI
Direktur Utama Astrindo Nusantara Infrastruktur, Ray Anthony Gerungan saat acara Public Expose Live 2022. BIPI masuk ke dalam daftar perusahaan keuangan MSCI Inc kategori Small Cap Indexes List sehingga sahamnya berpotensi dilirik investor global. - Bisnis/Dewi Soemanegara.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saham PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk. (BIPI) mendapat rekomendasi dari analis setelah masuk MSCI Small Cap Indexes List.

Financial Expert Ajaib Sekuritas M. Julian Fadli dalam publikasi risetnya menyampaikan BIPI masuk ke dalam daftar perusahaan keuangan Morgan Stanley Capital Indonesia alias MSCI Inc kategori Small Cap Indexes List sehingga sahamnya berpotensi dilirik investor global. Adapun, pengumuman secara efektif akan dilakukan pada 01 Desember 2022.

"Secara teknikal saham BIPI berpotensi rebound dalam jangka pendek seiring dengan harga ditutup di level tertingginya dengan volume perdagangan yang meningkat," paparnya, Jumat (11/11/2022).

Dia merekomendasikan hari ini investor beli saham BIPI di Rp137 dengan target profit di Rp141. Namun, investor dalam melakukan stop loss di bawah Rp133.

Sementara itu, IHSG juga mendapat sentimen positif dari penguatan bursa global setelah rilis data inflasi AS.Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan Indeks Harga Konsumen (IHK) atau inflasi  pada Oktober 2022 di level 7,7 persen.

Level tersebut lebih rendah dari bulan sebelumnya yang mencapai 8,2 persen YoY dan lebih rendah dari konsensus di level 8 persen YoY. Adapun, inflasi inti tercatat mengalami penurunan yaitu di level 6,3 persen YoY pada Oktober 2022, lebih rendah dibanding bulan sebelumnya 6,6 persen YoY dan di bawah konsensus 6,5 persen YoY.

"Capaian inflasi AS yang di bawah ekspektasi dan lebih rendah dari bulan sebelumnya tentu dapat mendorong The Fed untuk mempertimbangkan pengetatan kebijakan moneter ke depan," jelas Julian.

Dia memprediksi untuk hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed dalam level 6.957 – 7.102.

Sebelumnya, pada Kamis (10/11/2022) waktu setempat, perusahaan keuangan Morgan Stanley Capital Internasional alias MSCI Inc. mengumumkan perubahan komposisi indeks dengan emiten asal Indonesia di dalamnya. Sejumlah saham seperti PT Gudang Garam TBk. (GGRM), PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA), PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk. (BIPI), dan PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) masuk dalam daftar.

Berdasarkan data MSCI yang dikutip dari Phintraco Sekuritas, MSCI mengumumkan perubahan konstituen atau saham sejumlah indeks yang dikelolanya. Perubahan akan ditutup pada 30 November 2022 sehingga indeks terbaru bisa efektif pada 1 Desember 2022.

Dalam MSCI Global Standard Indexes List, tidak ada lagi saham dari Bursa Efek Indonesia (BEI). MSCI menyingkirkan atau menghapus saham GGRM, PT Adaro Minerals Indonesia Tbk. (ADMR), dan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG), yang sebelumnya ada di indeks tersebut.

Selanjutnya, di kategori MSCI Small Cap Indexes List, MSCI menambah saham BUKA, BUMI, GGRM, dan PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk. (BIPI). Di sisi lain, MSCI menghapus saham Grup Triputra PT Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA), PT M Cash Integrasi Tbk. (MCAS), dan Grup MNC PT MNC Vision Networks Tbk. (IPTV).

Di kategori yang lebih kecil, yakni MSCI Micro Cap Indexes List, tidak ada saham-saham dari BEI. Ke depan, MSCI akan melakukan indeks review kuartalan pada Februari 2023. Waktu pemberitahuan pada 9 Februari 2023, dan tanggal efektif 1 Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bipi Astrindo Nusantara Infrastruktur rekomendasi saham msci ajaib group IHSG
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top