Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CEO Blibli (BELI) Curhat Lewat Surat, Cerita IPO dan Integrasi Ekosistem

Kusumo Martanto membuat surat terbuka yang menyebut pelanggan menjadi obsesi dan fokus dari Blibli.
CEO Blibli.com Kusumo Martanto/Antara
CEO Blibli.com Kusumo Martanto/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - CEO dan Co Founder Blibli Kusumo Martanto mengungkapkan penawaran perdana (initial public offering/IPO) saham perusahaan e-commerce PT Global Digital Niaga. Tbk (BELI) atau Blibli.com menjadi langkah perseroan mengembangkan ekosistem terintegrasi.

Kusumo membuat surat terbuka yang menyebut pelanggan menjadi obsesi dan fokus dari Blibli. Demi memberikan pelayanan lebih baik ke pelanggan, Blibli membentuk ekosistem terintegrasi perdagangan dan gaya hidup.

"Saat ini, ekosistem yang kami miliki telah berkembang jauh dibandingkan ketika kami memulai semuanya satu dekade lalu. Diawali dengan menyediakan layanan kepada perorangan kemudian merambah ke institusi-institusi privat hingga publik (B2B) dengan menawarkan beragam produk dalam 20 kategori," jelasnya dalam surat tersebut dikutip Selasa (18/10/2022).

Tidak hanya itu, calon emiten yang akan menggunakan kode BELI ini juga memiliki produk serta layanan perjalanan mulai dari penerbangan, transportasi darat, akomodasi, atraksi, aktivitas, tiket konser dan acara, hingga kebutuhan perjalanan lainnya.

Emiten yang disokong oleh Grup Djarum ini juga menyebut bakal memperkuat integrasi bersama dengan tiket.com dan Ranch Market.

"Bersama tiket.com dan Ranch Market, sebagai bagian dari keluarga kami yang bertumbuh, kami membangun ekosistem perdagangan dan gaya hidup yang siap juga relevan di masa depan," tambahnya.

Blibli bakal menciptakan saluran distribusi logistik dari hulu ke hilir serta jaringan pergudangan yang didukung oleh teknologi terkini bagi industri perdagangan elektronik atau e-commerce.

Selain bermitra dengan penyedia layanan logistik, BELI juga meluncurkan 'BES’ sebagai layanan pengiriman yang dapat menjangkau hingga pelosok Indonesia.

"Kami dengan bangga memelopori jaminan pengantaran 2 Jam Sampai dan pengiriman terjadwal sebagai kemudahan tambahan kepada pelanggan di 34 kota di seluruh negeri, termasuk pengemasan yang didesain menjaga kondisi barang secara optimal," ungkapnya.

Lebih jauh, BELI memberikan layanan omnichannel yang mengintegrasikan online dan offline secara seamless. Perseroan terus berinvestasi pada perkembangan teknologi dan kemampuan analisis data dengan pengembangan lebih lanjut di ranah artificial intelligence dan machine learning.

"Dimulai dari dompet-elektronik Blipay, Blibli Paylater menyediakan salah satu opsi pembayaran angsuran yang paling lengkap, terjangkau dan mudah diakses di industri, maka kami dapat memberikan opsi pembayaran yang aman juga mudah, sesuai dengan kebutuhan pelanggan modern," katanya.

Blibli juga merupakan pelopor Bank-as-a-Service dengan fitur lengkap sebagai bagian dari ekosistem yang inklusif.

Blibli mengembangkan ekosistem yang kohesif lewat kapabilitas single sign-on dan program paritas keanggotaan, memberikan keuntungan tambahan bagi pelanggan.

BELI akan melepas 17,77 miliar saham dengan nilai nominal Rp 250 per saham. Adapun berdasarkan prospektus, Senin (17/10/2022), rentang harga penawaran ada di Rp 410-Rp 460 per saham. Artinya, Blibli.com bakal meraup dana segar antara Rp 7,28 triliun hingga Rp 8,17 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper