Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waskita (WSKT) Percepat Selesaikan 7 Proyek Tol, Negosiasi Divestasi

Waskita Karya (WSKT) mengungkapkan penyelesaian jalan tol dapat meningkatkan kinerja operasional dan keuangan, serta memperlancar proses divestasi.
Warga melintas di dekat logo PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) di Jakarta, Senin (4/7/2022). Bisnis/Suselo Jati
Warga melintas di dekat logo PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) di Jakarta, Senin (4/7/2022). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA - BUMN PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) mempercepat penyelesaian sejumlah ruas tol yang telah mendapatkan suntikan modal dari negara. Hal ini supaya memuluskan langkah Waskita bernegosiasi dengan calon pembeli ruas tol.

Emiten berkode WSKT ini terus berupaya memperbaiki kinerjanya dengan mempercepat penyelesaian proyek infrastruktur jalan tol di Jawa dan Sumatra serta proyek-proyek strategis lainya.

SVP Corporate Secretary Waskita Karya Novianto Ari Nugroho menjelaskan dengan adanya dukungan pemerintah serta implementasi 8 streams penyehatan keuangan Waskita, perseroan akan fokus pada peningkatan kinerja operasional. Salah satunya, melalui penyelesaian ruas-ruas jalan tol di bawah pengelolaan anak usaha Perseroan PT Waskita Toll Road (WTR).

"Penyelesaian jalan tol selain dapat meningkatkan kinerja operasional dan keuangan, juga dapat memperlancar proses strategic partnership yang sedang dijalankan WSKT," kata Novianto dalam keterangan resmi, Kamis (6/10/2022). 

Alasannya, kecenderungan investor baru memilih jalan tol yang telah beroperasi, baik beroperasi parsial maupun penuh.

Pada 2022, WSKT telah berhasil melakukan strategic partnership pada beberapa ruas jalan tol seperti Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Jalan Tol Kanci-Pejagan, dan Jalan Tol Pejagan-Pemalang yang diharapkan dapat membantu mendongkrak kinerja operasional Perusahaan.

Novi juga meyakinkan fokus pada bisnis operasional akan memperbaiki kinerja keuangan pada 2022 dengan cara meningkatkan pendapatan dari sektor konstruksi.

Melalui dukungan Pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Kredit Modal Kerja (KMK) tahun 2021, WSKT dapat melanjutkan proses penyelesaian jalan tol yang sempat tertunda semenjak pandemi Covid-19.

Dana PMN pada 2021 dari pemerintah sebesar Rp7,9 triliun yang diterima Waskita untuk percepatan penyelesaian 7 ruas tol di Jawa dan Sumatera, yakni: 

  • Ruas Tol Kayu Agung- Palembang-Betung Tahap 2 sepanjang 69,19 km.
  • Ruas Tol Bekasi-CawangKampung Melayu Seksi Koneksi Wiyoto Wiyono dan 2A Ujung sepanjang 4,88 km.
  • Ruas Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2A sepanjang 3,4 km.
  • Ruas Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 sepanjang 11,9 km.
  • Ruas Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Seksi 4 sepanjang 9,29 km.
  • Ruas Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4 sepanjang 12,45 km.
  • Ruas Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 km yang saat ini sepenuhnya telah beroperasi.

Untuk rencana dana PMN tahun 2022, Waskita akan mendapatkan alokasi sebesar Rp3 triliun. Guna menjaga komposisi kepemilikan saham antara Pemerintah dan Publik setelah diterimanya PMN, Waskita akan melaksanakan aksi korporasi rights issue dengan target perolehan sebesar Rp980 miliar.

“Dana PMN sebesar Rp3 triliun akan digunakan untuk menyelesaikan 2 ruas tol yaitu, Ruas Tol Kayu Agung Palembang-Betung (KAPB) Tahap II Rp2 triliun dan Ruas Tol Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 3 sebesar Rp1 triliun," kata Novi.

Sementara itu, untuk target perolehan dana rights issue sebesar Rp980 miliar, rencananya akan dipakai sebagai tambahan modal kerja proyek infrastruktur strategis lainnya yang sedang dikerjakan oleh Waskita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper