Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Suami Puan Maharani, Happy Hapsoro Masuk Bisnis Properti Akuisisi Saham MINA

MINA yang baru saja diakuisisi oleh suami Puan Maharani, yakni Hapsoro (Happy) Sukmonohadi tercatat memiliki dua proyek pada bidang leisure dan juga properti.
Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra
Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra - Bisnis.com 30 September 2022  |  16:35 WIB
Suami Puan Maharani, Happy Hapsoro Masuk Bisnis Properti Akuisisi Saham MINA
Direktur PT Bursa Efek Indonesia Samsul Hidayat (ketiga kanan), berbincang dengan Direktur PT Forza Land Indonesia Tbk (FORZ )Patris Jasur (dari kiri), Preskom Ali Sutera, Dirut Freddy Setiawan, Direktur Independen PT Sanurhasta Mitra Tbk (MINA) Airvin Widyatama Hardani dan Direktur Gunawan Angkawibawa seusai pencatatan saham perdana PT FORX dan PT MINA di Jakarta, Jumat (28/4). - JIBI/Dedi Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sanurhasta Mitra Tbk. (MINA) yang baru saja diakuisisi oleh suami Puan Maharani, yakni Hapsoro (Happy) Sukmonohadi tercatat memiliki dua proyek pada bidang leisure dan juga properti.

Dalam laporan keuangan per 30 Juni 2022 disebutkan bahwa kelompok usaha MINA mengalami penurunan kinerja operasional karena terdampak pandemi Covid-19. Adapun beberapa langkah telah dilakukan MINA untuk menghadapi kondisi tersebut.

Pertama manajemen telah mengurus perizinan analisis dampak lingkungan (amdal) dan proses sertifikat induk. MINA berharap dapat melakukan penjualan rumah baik Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) maupun komersil milik entitasnya, yakni PT Sanur Hasta Griya (SHG) pada tahun ini.

Berdasarkan materi paparan Public Expose tahunan, manajemen menyebut sudah selesai melakukan pembebasan lahan dengan luas 11 hektar untuk proyek rumah FLPP yang bernama Griya Sanur Pelem tersebut.

Proyek yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah tersebut kini sedang dalam proses untuk melengkapi keseluruhan perizinan. Manajemen juga tengah mengamati perkembangan situasi sosial-ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Kemudian manajemen MINA juga meningkatkan jumlah occupancy rate Pondok Wisata The Santai demi mendongkrak pendapatan. Hal ini dilakukan dengan membuka kembali paket menginap bulanan milik entitas mereka yakni PT Minna Padi Resorts (MPR).

Manajemen juga menyesuaikan harga sewa pondok wisata milik MPR dengan harga domestik. MINA juga tengah bersiap menghadapi kenaikan wisatawan asing dengan mulai dibukanya kembali penerbangan internasional.

Langkah berikutnya adalah dengan meningkatkan efisiensi terhadap biaya operasional The Santai.

Adapun occupancy rate daripada The Santai mencapai 1.621 atau 40,64 persen pada tahun 2021. The Santai mampu membukukan pendapatan dari pemesanan kamar atau room revenue sebesar Rp2,91 miliar pada tahun 2021.

Kemudian Accounting Rate of Return (ARR) daripada The Santai mencapai US$118,43. Sementara Revpar (revenue per available room) mencapai US$50,72.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

happy hapsoro puan maharani Sanurhasta Mitra (MINA) properti
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top