Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waskita (WSKT) Suntik Modal Rp35,26 Miliar ke Pengelola Tol KLBM

Waskita Bumi Wira adalah perusahaan jalan tol yang membangun jalan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar yang didirikan pada 20 Agustus 2014.
Dewi Fadhilah Soemanagara
Dewi Fadhilah Soemanagara - Bisnis.com 28 September 2022  |  15:58 WIB
Waskita (WSKT) Suntik Modal Rp35,26 Miliar ke Pengelola Tol KLBM
Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini sepanjang 57,5 kilometer ini dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road. Jalan tol ini juga merupakan 1 dari 18 ruas tol yang konsesinya dimiliki Waskita Karya. - wtr.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten BUMN PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) menyuntikkan modal Rp35,26 miliar kepada  PT Waskita Bumi Wira (WBW), anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR). 

Manajemen WSKT menuturkan, WTR merupakan anak usaha perseroan dengan kepemilikan sebesar 92,10 persen, sedangkan WBW merupakan anak usaha WTR dengan kepemilikan sebesar 99,91 persen.

“WBW telah melakukan peningkatan modal ditempatkan dan disetor Rp35.262.000.000 atau sejumlah 35.262 saham yang seluruhnya diambil bagian oleh WTR,” terang manajemen WSKT dalam keterbukaan informasi yang dikutip, Rabu (28/9/2022).

Nilai transaksi mencakup 0,18 persen dari ekuitas WSKT senilai Rp19,93 triliun berdasarkan laporan keuangan konsolidasian audited per Juni 2022.

Lebih lanjut, transaksi ini juga termasuk 0,16 persen dari ekuitas WTR senilai Rp22,6 triliun dari laporan konsolidasi WTR untuk tahun yang berakhir pada Juni 2022.

“Transaksi yang dilakukan merupakan transaksi afiliasi karena WTR sebagai anak perusahaan perseroan, selain itu transaksi tersebut juga merupakan transaksi material karena nilai rangkaian transaksi lebih dari 20 persen ekuitas perseroan,” imbuh manajemen WSKT.

Adapun latar belakang dilakukannya transaksi antara WTR dan WBW yaitu untuk memenuhi kebutuhan pendanaan WBW.

Dengan adanya peningkatan modal tersebut diharapkan dapat memaksimalkan kinerja usaha dan memberikan nilai tambah bagi WSKT sebagai pemegang saham WTR.

Seperti diketahui, Waskita Bumi Wira adalah perusahaan jalan tol yang membangun jalan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar yang didirikan pada 20 Agustus 2014

Selain melakukan penambahan modal anak usaha, sebelumnya WSKT juga tercatat berencana melaksanakan rights issue dengan target perolehan dana senilai Rp980 miliar.

Dalam pemberitaan Bisnis sebelumnya, SVP Corporate Secretary Waskita Karya, Novianto Ari Nugroho mengatakan, dana rights issue akan digunakan untuk tambahan modal kerja.

“Target perolehan dana right issue Rp980 miliar, rencananya akan digunakan untuk tambahan modal kerja proyek infrastruktur strategis lainnya yang sedang dikerjakan oleh Waskita," ujarnya, Senin (26/9/2022).

WSKT saat ini tengah berupaya merampungkan sejumlah proyek pembangunan, antaralain penyelesaian 2 ruas tol yaitu Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (KAPB) Tahap 2 dan ruas Tol Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 3.

KAPB ditargetkan selesai pada November 2023, dan pengerjaannya telah mencapai 72,02 persen, sedangkan Bocimi ditargetkan rampung pada November 2025 dengan progres 46,21 persen hingga saat ini. Total dana yang diperlukan untuk menyelesaikan kedua proyek tersebut pun mencapai Rp3 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waskita karya bumn karya waskita toll road
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top