Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Supaya Laku Keras, Simak Sederet Strategi Midis Pasarkan ORI022

Sejumlah strategi pemasaran obligasi ritel ORI022 telah disiapkan, mulai dari cashback hingga voucher belanja.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 27 September 2022  |  17:04 WIB
Supaya Laku Keras, Simak Sederet Strategi Midis Pasarkan ORI022
Obligasi Ritel Indonesia - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah mitra distribusi (midis) obligasi negara ritel atau ORI seri ORI022 optimistis mencatatkan hasil penjualan yang menggembirakan seiring dengan tingkat kupon yang menarik.

Sejumlah strategi pemasaran obligasi ritel ini pun telah disiapkan, mulai dari cashback hingga voucher belanja.

Daniel Arifin, Investment Business Head Bank Commonwealth mengatakan, minat investor untuk seri ORI022 masih akan tetap tinggi.

Ia memaparkan, daya tarik utama ORI022 adalah tingkat kupon yang ditawarkan sebesar 5,95 persen per tahun. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan dengan seri ORI sebelumnya yaitu ORI021 pada 4,9 persen dan seri SR017 dengan kupon 5,9 persen.

Selain itu, tingkat kupon ORI022 juga lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito perbankan di kisaran 3,3 persen – 3,5 persen. Minat investor juga didukung oleh tingkat likuiditas perbankan yang masih cukup tinggi, dimana per Agustus 2022 untuk pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan berada di level 7,77 persen, sehingga berpotensi untuk diinvestasikan ke dalam ORI022.

“Kami mencanangkan target penjualan ORI022 50 persen lebih tinggi dibandingkan target ORI seri sebelumnya,” jelas Daniel saat dihubungi Bisnis, Selasa (27/9/2022).

Senada, Direktur Utama BNI Sekuritas Agung Prabowo juga optimistis penyerapan ORI022 akan tinggi seiring dengan jumlah investor yang terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Hingga Agustus 2022 total jumlah investor pasar modal mencapai 9.540.027 atau naik 27,38 persen year-to-date (YtD).

Selain itu, investasi melalui ORI022 juga memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah tidak ada risiko gagal bayar karena pembayaran kupon dan pokok SBN ritel dijamin oleh negara. Pajak yang dikenakan pada imbal hasil SBN ritel lebih rendah dari pajak deposito.

“ORI022 juga bisa menjadi pilihan investasi passive income bagi investor karena imbal hasilnya (kupon) dibayarkan setiap bulan,” jelasnya dikutip dari keterangan resmi perusahaan.

Strategi Pemasaran

Sebagai salah satu strategi untuk memasarkan ORI022, Daniel mengatakan Bank Commonwealth menyediakan program reward dalam bentuk cashback hingga Rp10.000.000 bagi nasabah yang melakukan pembelian ORI022 melalui aplikasi CommBank SmartWealth.

Selain untuk pembelian ORI022, dengan CommBank SmartWealth, nasabah juga dapat melakukan transaksi pembelian ataupun penjualan seri-seri obligasi pemerintah lainnya yang tersedia di pasar sekunder.

Sementara itu, BNI Sekuritas juga menyiapkan strategi untuk meningkatkan penjualan ORI022. BNI Sekuritas memberikan hadiah voucher belanja Shopee sebesar Rp75.000, dengan melakukan pembelian minimum Rp50.000.000, untuk 100 orang pertama.

Adapun, ORI022 memiliki tenor 3 tahun dan akan jatuh tempo pada 15 Oktober 2025. Instrumen ini juga dapat diperdagangkan atau tradeable dan hanya antar investor domestik yang mengacu pada digit ketiga kode Nomor Tunggal Identitas Pemodal (Single Investor Identification/SID).

Masa penawaran ORI022 telah dibuka pada Senin (26/9/2022) kemarin dan akan berlangsung hingga 20 Oktober 2022 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

commonwealth bank bni sekuritas obligasi ritel indonesia ORI022
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top