Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emiten ENAK Mau Ekspansi Restoran Gokana Ke Luar Jabodetabek

Perusahaan bidang restoran PT. Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK) berencana untuk melakukan ekspansi restoran Gokana Ramen & Teppan ke luar wilayah Jabodetabek.
Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra
Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra - Bisnis.com 12 Agustus 2022  |  00:00 WIB
Emiten ENAK Mau Ekspansi Restoran Gokana Ke Luar Jabodetabek
Perusahaan pengelola jaringan restoran Gokana, Raa Cha, dan Monsieur Spoon, PT Champ Resto Indonesia Tbk. (ENAK) siap IPO di Bursa Efek Indonesia.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan bidang restoran PT. Champ Resto Indonesia Tbk. (ENAK) berencana untuk melakukan ekspansi restoran Gokana Ramen & Teppan ke luar wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

COO Champ Resto Indonesia, Hendrik Alexander Mboi mengatakan ENAK cukup tertarik untuk melakukan ekspansi di Pulau Jawa maupun di luar Jawa. Hal ini lantaran di luar Jabodetabek ENAK menilai kompetisi lebih sedikit dan biaya yang dikeluarkan juga lebih murah.

"Jujur aja kita melihat less competition dan biaya lebih murah," ujar Hendrik dalam diskusi di Jakarta pada Kamis (11/8/2022).

Sementara terkait ketersediaan bahan baku, Hendrik mengatakan ENAK masih mampu mengatur ketersediaan meski terjadi kenaikan harga. Hal ini lantaran bahan baku yang digunakan ENAK terpisah hingga lebih dari 2.500 bahan baku.

Meski demikian, Hendrik mengatakan hal tersebut bukan berarti tingginya harga bahan baku tidak memberikan tekanan tinggi. Selain itu, Hendrik menyebut ENAK tidak mengalami kekurangan ketersediaan karena hampir tidak ada bahan baku yang diimpor.

"Jadi sejauh ini sih masalah rantai pasok kita masih terjaga," ujar Hendrik.

Sebelumnya, Chief Financial Officer Champ Resto Christopher Supit menyebutkan pada semester I/2022, pihaknya telah membuka sekitar 20 restoran baru dari brand yang dimiliki seperti Raa Cha, Gokana, dan Monsieur Spoon.

Dia mengaku optimistis langkah ekspansi ENAK dapat berlanjut pada paruh kedua tahun 2022 seiring dengan rencana perusahaan membuka outlet yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah restoran baru pada semester I/2022.

“Kami yakin untuk semester II bisa lebih banyak membuka outlet, karena pada semester I kemarin terpotong oleh bulan puasa, libur Lebaran dan adanya varian Omicron virus corona,” kata Supit.

ENAK membukukan laba bersih sebesar Rp42,9 miliar sepanjang semester I/2022, berbalik dari rugi bersih sebesar Rp4,6 miliar yang dicatat pada semester I/2021. Naiknya laba bersih didorong pertumbuhan pendapatan ENAK sebesar 56 persen yoy menjadi Rp625 miliar pada semester I/2022. Sebagai pembanding, penjualan ENAK pada semester I/2021 sebesar Rp400,3 miliar.

Brand Gokana dan Raa Cha masih menjadi kontributor utama perseroan atas pendapatan ENAK, dengan ekspansi Monsieur Spoon terus mengejar kedua brand tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ENAK Champ Resto Indonesia jabodetabek
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top