Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Induk Gokana dan Monsieur Spoon (ENAK) Bidik Kinerja Pra Pandemi

Emiten pengelola restoran Gokana, PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK) optimistis dapat mencatatkan kinerja yang lebih dibandingkan dengan masa sebelum pandemi.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 29 Juli 2022  |  05:52 WIB
Induk Gokana dan Monsieur Spoon (ENAK) Bidik Kinerja Pra Pandemi
Dari kiri ke kanan: Direktur PT Champ Resto Indonesia Tbk. (ENAK) Hendrik Alexander Wanggur Mboi, Direktur UOB Kay Hian Sekuritas Ronald Lohanata, Direktur Utama ENAK Ali Gunawan Budiman, dan Direktur ENAK Christoper Supit dalam paparan publik penawaran umum perdana saham PT Champ Resto Indonesia Tbk., di Jakarta, Kamis (13/1/2022). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten pengelola restoran Gokana, PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK) optimistis dapat mencatatkan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan masa sebelum pandemi.

Sekretaris Perusahaan Champ Resto Christopher Supit menyebutkan perusahaan optimistis pertumbuhan kinerja perusahaan dapat terjaga sepanjang tahun ini. Hal ini seiring dengan ekspansi yang dilakukan perusahaan dan perkembangan penanganan pandemi virus corona yang optimal di Indonesia.

“Melihat kinerja hingga semester I/2022, kami yakin revenue akhir tahun ini bisa melampaui performa sebelum pandemi pada 2019 lalu,” katanya dalam diskusi “Meneropong Peluang Investasi Semester II di Tengah Ancaman Krisis Ekonomi Global”, Kamis (28/7/2022)

Christopher melanjutkan sepanjang semester I/2022 lalu, pihaknya telah membuka sekitar 20 restoran baru dari brand yang dimiliki seperti Raa Cha, Gokana, dan Monsieur Spoon.

Ke depannya, ia optimistis langkah ekspansi ENAK dapat berlanjut pada paruh kedua tahun 2022. Pihaknya optimistis dapat membuka outlet yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah restoran baru pada semester I/2022.

“Kami yakin untuk semester II bisa lebih banyak membuka outlet, karena pada semester I kemarin terpotong oleh bulan puasa, libur Lebaran dan adanya varian Omicron virus corona,” jelasnya.

Lebih lanjut, Christopher tidak menyebutkan nilai anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) yang disiapkan ENAK untuk tahun 2022. Meski demikian, ia menuturkan, jumlah capex yang dikeluarkan cenderung variatif tergantung pada brand, luasan lahan, serta lokasi.

Ia menyebutkan, untuk pembukaan 1 outlet baru, ENAK akan mengeluarkan dana di atas Rp1 miliar. Dana tersebut belum termasuk pengeluaran lain seperti biaya sewa. Adapun, pendanaan ekspansi berasal dari kas internal perusahaan serta dana hasil penawaran umum (IPO).

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan di laman BEI, ENAK membukukan pendapatan sebesar Rp268,2 miliar pada kuartal I/2022. Jumlah tersebut naik 65 persen  dibandingkan dengan perolehan pada kuartal I/2021 sebesar Rp162,52 miliar.

Seiring dengan hal tersebut, perusahaanmencatat laba periode berjalan Rp1,78 miliar, berbanding terbalik dengan posisi kuartal I/2021 yang merugi Rp11,81 miliar.

Sebelumnya, perseroan baru-baru ini membuka outlet pengembangan dari Monsieur Spoon, yakni Dewata by Monsieur Spoon pada 21 April 2022 di Sarinah. Pembukaan ini sejalan dengan langkah perseroan yang ingin membangun konsep baru, yaitu Indonesian fine foods.

“Konsep yang ditonjolkan yaitu Indonesian fine foods di mana kami menciptakan menu-menu kuliner Nusantara dengan bahan yang berkualitas, terjamin higienis, dan dengan presentasi yang menarik,” jelas Chief Operating Officer ENAK Hade Mboi.

Hade menambahkan bahwa dalam waktu dekat ENAK akan melakukan pengembangan bisnis untuk Dewata by Monsieur Spoon. Namun, ekspansi baru akan dilakukan di wilayah Jakarta untuk saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ENAK Champ Resto Indonesia
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top