Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Induk Gokana dan Raa Cha (ENAK) Rambah Bisnis Croissant dan Coffee

Induk restoran Gokana dan Raa Cha, PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK) kembali mengumumkan pembukaan restoran berkonsep kafe terbarunya, Croco.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 02 Juni 2022  |  14:10 WIB
Induk Gokana dan Raa Cha (ENAK) Rambah Bisnis Croissant dan Coffee
Dari kiri ke kanan: Direktur PT Champ Resto Indonesia Tbk. (ENAK) Hendrik Alexander Wanggur Mboi, Direktur UOB Kay Hian Sekuritas Ronald Lohanata, Direktur Utama ENAK Ali Gunawan Budiman, dan Direktur ENAK Christoper Supit dalam paparan publik penawaran umum perdana saham PT Champ Resto Indonesia Tbk., di Jakarta, Kamis (13/1/2022). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Induk restoran Gokana dan Raa Cha, PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK) kembali mengumumkan pembukaan restoran berkonsep kafe terbarunya, Croco.

ENAK akan menambah gerai Croco dengan membuka gerai baru di pekan kedua Juni 2022, setelah membuka gerai pertama Croco di Old Shanghai Sedayu City, Kelapa Gading pada Jumat (27/5/2022),.

Mengutip keterbukaan informasi ENAK di Bursa Efek Indonesia, COO Champ Resto Indonesia Hade Mboi mengatakan, Croco merupakan sub brand dari Monsieur Spoon yang sudah hadir lebih dulu di Urban Farm Pantai Indah Kapuk (PIK), Mall Kota Kasablanka, dan Pondok Indah Mall (PIM).

Croco sendiri adalah singkatan dari croissant dan coffee dan mengusung konsep bakery cafe yang menyajikan freshly baked croissant, viennoiseries dan pastry setiap harinya, dipadukan dengan berbagai minuman kopi dan teh, serta makanan bergaya Asia dan Eropa lainnya sebagai menu dine-in.

“Perseroan berencana membuka outlet kedua Croco di Teluk Betung pada pekan kedua Juni. Kami akan buka outlet-outlet lainnya di Jabodetabek,” kata Hade dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis (2/6/2022).

Dia menjelaskan Croco by Monsieur Spoon akan menyajikan menu baru Maritozzo dan Banh Mi. Maritozzo adalah brioche bun yang diisi pastry cream yang merupakan salah satu pastry tradisional ala Eropa yang populer dinikmati sebagai bentuk tanda kasih sayang. Sedangkan Banh Mi merupakan baguette sandwich isi ala Vietnam yang terinspirasi dari Prancis. 

“Lewat Croco, segmen yang disasar perseroan adalah anak sekolah atau mahasiswa, eksekutif muda, dan keluarga. Di mana, seperti halnya Monsieur Spoon, Croco juga memiliki konsep yang unik dan luas,” kata dia.

Sebelumnya, ENAK juga membuka restoran baru di Sarinah dengan merek Dewata pada April 2022. Merek restoran tersebut merupakan pengembangan dari merek Monsieur Spoon yang telah memiliki gerai di Urban Farm PIK, Mall Kota Kasablanka, Pondok Indah Mall dan Bali.

Emiten pengelola merek restoran Gokana, Raa Cha dan Monsieur Spoon ini tercatat membukukan pendapatan sebesar Rp268,2 miliar pada kuartal I/2022. Nilai tersebut meningkat sebesar 65 persen YoY dibandingkan dengan kuartal I/2021 sebesar Rp 162,5 miliar.

Penjualan restoran Gokana dan Raa Cha tercatat masih menjadi kontributor terbesar untuk perseroan. Kedua merek ini masing-masing menyumbangkan 41 persen dan 40 persen dari total pendapatan.

Dengan memperhatikan tren per kuartal selama dua tahun terakhir, manajemen ENAK menyebutkan pendapatan pada Kuartal/2022 ini menjadi yang tertinggi dalam dua tahun terakhir. Pendapatan kuartal I/2022 bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan pendapatan kuartal I/2020 yang merupakan periode kuartal terakhir sebelum pandemi Covid-19.

“Seperti yang telah kami perkirakan, pendapatan pada kuartal I/2022 tumbuh sangat signifikan dibandingkan dengan kuartal I/2021 walaupun ada beberapa kebijakan PPKM yang diterapkan pemerintah. Hal ini disebabkan antara lain karena tingkat vaksinasi yang cukup tinggi, serta kesiapan pemerintah dan perseroan dalam menghadapi kebijakan PPKM akibat Covid-19,” kata Direktur Utama Champ Resto Indonesia Ali Gunawan Budiman dalam keterangan resmi, Selasa (26/04/2022).

Namun, dia menambahkan, kinerja pada kuartal I/2022 termasuk belum optimal. Mengingat terdapat ancaman varian Omicron yang memicu lonjakan kasus selama periode tersebut.

Perseroan juga mencatatkan perbaikan atas rasio keuangan, terutama rasio solvabilitas, dengan adanya listing pada 8 Februari 2022 lalu. Rasio debt-to-equity ENAK turun dari 3,2 kali per 31 Desember 2021 menjadi 0,8 kali per 31 Maret 2022. Ini mengindikasikan perbaikan di posisi neraca. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

restoran Kinerja Emiten Champ Resto Indonesia ENAK
Editor : Pandu Gumilar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top