Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Champ Resto (ENAK) Ubah Rugi Jadi Laba Berkat Ekspansi Gerai

Naiknya laba bersih didorong pertumbuhan pendapatan Champ Resto (ENAK) sebesar 56 persen secara tahunan menjadi Rp625 miliar pada semester I/2022.
Perusahaan pengelola jaringan restoran Gokana, Raa Cha, dan Monsieur Spoon, PT Champ Resto Indonesia Tbk. (ENAK) siap IPO di Bursa Efek Indonesia.
Perusahaan pengelola jaringan restoran Gokana, Raa Cha, dan Monsieur Spoon, PT Champ Resto Indonesia Tbk. (ENAK) siap IPO di Bursa Efek Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pengelola jaringan restoran Gokana PT Champ Resto Indonesia Tbk. (ENAK) membukukan kenaikan kinerja pada semester I/2022, didukung oleh ekspansi gerai yang dilakukan dengan sejumlah merek baru.

ENAK membukukan laba bersih sebesar Rp42,9 miliar sepanjang semester I/2022, berbalik dari rugi bersih sebesar Rp4,6 miliar yang dicatat pada semester I/2021.

Naiknya laba bersih didorong pertumbuhan pendapatan ENAK sebesar 56 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp625 miliar pada semester I/2022. Sebagai pembanding, penjualan ENAK pada semester I/2021 sebesar Rp400,3 miliar. Brand Gokana dan Raa Cha masih menjadi kontributor utama perseroan atas pendapatan ENAK, dengan ekspansi Monsieur Spoon terus mengejar kedua brand tersebut.

“Kami mencatatkan pendapatan satu semester tertinggi selama perseroan berdiri, bahkan dengan bayang-bayang Omicron. Hal ini tidak lepas dari kondisi ekonomi Indonesia yang terus bangkit dan beranjak pulih dari pandemi dan tingginya laju ekspansi outlet perseroan,” kata Chief Financial Officer ENAK Christopher Supit dalam keterangan resmi, Jumat (29/7/2022).

Dengan melihat realisasi kinerja semester I/2022, Christopher mengatakan ENAK masih optimistis dengan capaian sampai akhir tahun ini.

“Pembukaan gerai sejauh ini sesuai dengan target, animo masyarakat juga sangat baik di tengah isu global belakangan ini,” katanya.

Chief Operating Officer ENAK Hade Mboi menjelaskan Champ Resto telah membuka 3 gerai Monsieur Spoon terbaru. Ketiga gerai ini berlokasi di pusat Kota Jakarta yakni di Pacific Place Sudirman, Senayan City, dan Plaza Indonesia.

Hade mengemukakan pengembangan gerai Monsieur Spoon bisa dikatakan cukup masif, seiring dengan minat pelanggan akan konsep kafe instagramable khas kafe-kafe di Paris.

Monsieur Spoon merupakan salah satu kafe yang menyajikan menu dominan meliputi french bakery atau pastry ala Prancis. Kafe ini awalnya dibuka pertama kali di Bali pada 2012 oleh 2 bersaudara asal Paris.

Hade mengatakan, setelah listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 Februari 2022 lalu, ENAK siap berekspansi untuk pengembangan bisnis. Dia mengatakan bahwa Monsieur Spoon saat ini fokus pada pembukaan outlet di area Jabodetabek, kemudian ke kota-kota besar lainnya di Indonesia.

“Kami nantinya siap ekspansi ke kota-kota lainnya agar lebih terjangkau oleh penggemar Monsieur Spoon,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper