Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

XL Axiata Aksi Korporasi Rp3 Triliun, Simak Jadwal Lengkapnya!

Emiten telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk. (EXCL) bakal melakukan aksi korporasi dengan menerbitkan surat utang senilai Rp3 triliun.
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk. (EXCL) bakal melakukan aksi korporasi dengan menerbitkan surat utang senilai Rp3 triliun.

EXCL bakal menerbitkan obligasi senilai Rp1,5 triliun bersamaan dengan sukuk ijarah Rp1,5 triliun sehingga total penerbitannya mencapai Rp3 triliun pada Agustus 2022.

Berdasarkan prospektus ringkas yang disiarkan di Harian Bisnis Indonesia, Rabu (27/7/2022), emiten berkode EXCL ini bakal menerbitkan dua instrumen surat utang yakni obligasi dan sukuk ijarah.

Penerbitan obligasi merupakan bagian dari Obligasi Berkelanjutan II EXCL dengan target dana yang dihimpun senilai Rp5 triliun. Adapun, penerbitan kali ini merupakan Obligasi Berkelanjutan II EXCL tahap I 2022 senilai Rp1,5 triliun.

Obligasi tersebut bakal diterbitkan tanpa warkat dengan 4 seri obligasi dengan perbedaan rentang waktu jatuh temponya. Untuk besaran bunga dan nilai pokok obligasi bakal ditentukan kemudian.

Seri A berjangka waktu 3 tahun, Seri B berjangka waktu 5 tahun, Seri C berjangka waktu 7 tahun, dan Seri D berjangka waktu 10 tahun.

Selain itu, EXCL juga bakal menerbitkan Sukuk Ijarah senilai Rp1,5 triliun yang merupakan Sukuk Ijarah Berkelanjutan III EXCL tahap I 2022. Sukuk tersebut merupakan bagian dari Sukuk Ijarah Berkelanjutan III EXCL dengan target dana Rp5 triliun.

Lebih lanjut, sukuk ijarah ini bakal diterbitkan tanpa warkat dengan 4 seri sukuk yang ditawarkan berdasarkan perbedaan waktu jatuh tempo. Sama dengan obligasi, besaran sisa imbalan ijarah dan cicilan imbalan ditentukan kemudian.

Sukuk ijarah Seri A bakal diterbitkan dengan jangka waktu 3 tahun, Seri B selama 5 tahun, Seri C selama 7 tahun, dan Seri D berjangka waktu 10 tahun.

Bunga obligasi dan cicilan imbalan ijarah bakal diberikan setiap tiga bulan dengan tanggal pembayaran pertama pada 30 November 2022.

Adapun, pelunasannya bakal dilaksanakan dengan waktu yang sama untuk masing-masing seri obligasi dan sukuk. Seri A pada 30 Agustus 2025, Seri B 30 Agustus 2027, Seri C 30 Agustus 2029, dan Seri D 30 Agustus 2032.

Kemudian, perkiraan jadwal pelaksanaan penerbitan obligasi ini dimulai dengan perkiraan tanggal efektif pada 22 Agustus 2022.

Selanjutnya, perkiraan masa penawaran pada 24--25 Agustus 2022, perkiraan tanggal penjatahan pada 26 Agustus 2022, perkiraan tanggal pembayaran 29 Agustus 2022.

Perkiraan tanggal pengembalian uang pemesanan bersamaan dengan tanggal distribusi secara elektronik pada 30 Agustus 2022. Perkiraan tanggal pencatatan di BEI pada 31 Agustus 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper